ilustrasi

batampos.co.id – Dolar Amerika menguat, harga daging beku impor macam mana?

Pemilik PT Batam Frozen Food, William mengaku saat ini belum ada kenaikan harga daging sapi.

“Harganya masih stabil seperti sebelumnya. Kami jual ke pedagang pasar mulai harga Rp 76 ribu dan termahal Rp 80 ribu per kilogramnya untuk daging es,” ujar William.

Untuk bulan September ini, William meyakini harga daging sapi beku impor asal Australia masih belum mengalami kenaikan harga. Sebab, stok yang ada sebelum pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika yang drastis seperti saat ini, masih banyak.

“Namun, untuk bulan depan, kalau nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika masih jeblok seperti saat ini, saya tak menjamin harga daging sapi impor asal Australia tak naik harga. Pastinya kalau nilai tukar melemah dan dolar tinggi, harga daging dari Australia juga akan naik.

Belum lagi biaya pengangkutannya juga akan naik,” terang William.

Kalaupun nantinya ada kenaikan harga daging sapi beku impor, William menegaskan, kenaikan harganya masih dibatas kewajaran antara seribu rupiah hingga tiga ribu rupiah per kilogram.

“Kalau untuk penjualan atau permintaan pasar akan daging sapi beku impor, belum terjadi penurunan sih, masih normal, stabil,” ujar William mengakhiri. (gas)