Capres 2019 Joko Widodo (Jokowi) saat mengumumkan Ketua Timsesnya di 2019, yakni Erick Thohir di Rumah Cemara, Menteng. (Gunawan/JawaPos.com)

batampos.co.id – Joko Widodo (Jokowi) dan pasangannya Ma’ruf Amin resmi menunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf 2019.

Iklan

Pengumuman dilangsungkan di Posko Rumah Cemara, Jakarta, sore ini, Jumat (7/9/2018).

“Ketua tim kampanye nasional adalah Bapak Erick Thohir,” ujar Jokowi disambut riuh hadirin.

Jokowi menjelaskan, alasan dirinya memilih Erick Thohir lantaran Ketua INASGOC itu dinilai memiliki pengalaman cukup di berbagai bidang. Khususnya di bidang ekonomi, sebagai pengusaha sukses.

“Beliau adalah pengusahaa sukses, memiliki media, memiliki klub sepak bola, memiliki klub basket dan memiliki yang lainya. Semua hal yang beliau pimpin itu selalu mendapatkan kesuksesan. Terakhir kita masih ingat dia Ketua INASGOC Asian Games
2018,” katanya.

Dipilihnya Erick Thohir juga karena tidak ada perbedaan pendapat dari pendampingnya Ma’ruf Amin. Para ketua dan sekretaris jenderal koalisi partai, serta para relawan juga sepakat atas pilihan Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menunjuk ‎Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) sebagai Ketua Dewan Pengawah Tim Kampanye Nasional. Dengan singkat Jokowi menyampaikan, pria yang kini menjadi wakilnya di pemerintahan itu mempunyai pengalaman yang mumpuni.

“Saya tidak usah memberikan penjelasan kenapa Pak Ketua Dewan Pengarahnya (adalah) Pak Jusuf Kalla. Semua sudah tahu (alasannya),” ucapnya.

Jokowi mengaku publik tidak perlu merakukan sosok Erick Thohir. Karena, meskipun bukan seorang politikus. Namun pengalamannya dalam mengelola manajemen sangat dibutuhkan di Tim Pemenangan pasangan Jokowi- Ma’ruf.

“Ini bukan urusan politik. Ini urusan manajemen dalam mengelola kampanye ini (di Pilpres) sehingga bisa berjalan baik,” ujar Jokowi di Posko Rumah Cemara, Jakarta, Jumat (7/9).

Menurut Jokowi, walaupun Ketua INASGOC itu bukan dari kalangan partai, dan latar belakangnya adalah seorang pengusaha. Namun di belakangnya ternyata ada orang-orang politik yang siap membantunya.

Apalagi, lanjut Jokowi, dengan dibantu oleh oleh ketua dewan pengarah Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK), Erick Thohir nantinya diharapakan bisa berkombinasi dalam mengelola manajeman gerbong Koalisi Indonesia Kerja (KIK) ini.

“Nanti di dewan penasihat ada Pak JK dengan backround pengalaman panjang di bidang politik,” tuturnya.

Terpisah bakal calon wakil presiden Ma’ruf Amin juga menilai Erick Thohir mampu mengemban jabatan ketua tim kampanye nasional ini. Pasalnya pengalaman dia tidak perlu diragukan. “Saya kira sudah memenuhi kriteria lah‎,” katanya. (JPG)