Jumat, 29 Maret 2024

Pembangunan Pelintas Air Sinkron dengan Desain Jalan Layang

Berita Terkait

batampos.co.id – Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) tengah mengerjakan tahapan pembangunan pelintas air di Simpang Kabil. Pembangunan ini dinilai telah sejalan dengan desain rencana pembangunan jalan layang di lokasi tersebut.

“Itu (pelintas air), dengan jalan layang dan pelebaran jalan sudah sinkron semua,” kata Wali Kota Batam Muhamamd Rudi di Gedung Bersama Pemko Batam, Jumat (7/9).

Soal proyek tersebut kenapa didahulukan dan tidak seiring dengan pembangunan flyover kelak, Rudi mengatakan ini erat kaitannya dengan ketersediaan anggaran pemerintah.

“Jalan layang itu tiga tahun, dana Rp 400 miliar, uang darimana coba,” ujarnya.

Ia mengaku, rencana pembangunan jalan layang kedua ini terus diajukan ke KemenPUPR. Pemko Batam tetap menunggu dan kembali mengajukan untuk mulai dikerjakan tahun 2019 mendatang.

“Kami tentu berharap tentang jalan layang ini,” ucapnya.

Di lapangan, pasca selesainya pembangunan jalan layang Simpang Jam atau jalan layang Laluan Madani, kepadatan di Simpang Kabil memang bertambah.

Sebelumnya diberitakan KemenPUPR memulai tahapan proyek pembangunan pelintas air di Simpang Kabil, Batam Kota, Kamis (6/9). Total anggaran pengerjaan sekitar Rp 9,6 miliar.

Kontrak proyek oleh PT Sinar Terang Surya Abadi ini sudah berjalan sejak 27 Agustus lalu. Dengan lama pengerjaan 120 hari kalender ditargetkan akan selesai 20 Desember mendatang. (iza)

Update