Iklan

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam tengah menjaring sumber daya mumpuni untuk menempati posisi direksi di dua BUMD Batam, yakni untuk PT Pelabuhan Batam Indonesia dan PT Pembangunan Batam.

“Pemko Batam kan punya BUMD ada dua, satu yang bergerak di bidang pelabuhan, satu lagi multi usaha,” ucap sekretaris tim seleksi Zurniati, kemarin.

Ia mengatakan, kelak direksi terpilih akan diminta untuk memaparkan rencana pengembangan usahannya ke depan.

“Ke depan tergantung direksi (terpilih), visi misinya apa,” kata dia.

Khusus untuk, posisi Direktur PT Pelabuhan Batam Indonesia periode 2018-2023, nanti bisa saja dikerjasamakan dengan pihak lain seperti Pelindo maupun pihakn yang juga membawahi pelabuhan, seperti BP Batam.

Syarat untuk menjadi calon direktur BUP seleksi terbuka bagi Warga Negara Indonesia berusia 35-55 tahun. Syarat lainnya yaitu berijazah paling rendahStrata-1 (S1). Serta memiliki pengalaman kerja minimal lima tahun di bidang manajerial perusahaan berbadan hukum dan pernah memimpin tim.

“Calon tidak pernah menjadi anggota direksi, dewan pengawas, atau komisaris yang dinyatakan bersalah hingga menyebabkan badan usaha yang dipimpin dinyatakan pailit,” kata Zurniati.

Ketentuan lainnya yakni tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana yang merugikan keuangan negara atau daerah. Juga tidak sedang menjalani sanksi pidana, tidak sedang menjadi pengurus partai politik. Serta bukan merupakan calon kepala atau wakil kepala daerah, dan bukan calon anggota legislatif.

Penerimaan berkas pendaftaran akan ditutup pada 17 September 2018 pukul 16.00. Berkas kelengkapan administrasi dipindai menggunakan format .pdf dan disampaikan ke Tim Seleksi Calon Direksi BUP PT Pelabuhan Batam Indonesia Periode 2018-2023.
Hasil seleksi administrasi diumumkan pada 18 September. Dan di hari yang sama dilaksanakan pendaftaran ulang.

Tes tertulis dijadwalkan pada 19-20 September. Kemudian tes penulisan makalah sehari setelahnya. Dan dilanjutkan presentasi serta wawancara pada 24-25 September.

“Berkas pendaftaran dikirim melalui email ke [email protected] Hasil akhir akan diumumkan pada 28 September. Dan calon Direktur akan ditetapkan pada 1 Oktober,” ujarnya.

Sementara untuk posisi direkktur PT Pembangunan Batam, juga akan dilelang sembari menunggu perpanjangan masa jabatan direksi lama untuk menyelesaikan piutang juga dibuka. Untuk diketahui, Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pembangunan Batam – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Batam menelurkan keputusan jabatan Direktur BUMD Batam Hari Basuki diperpanjang hingga Januari 2019 mendatang.

Walikota Batam Muhammad Rudi mengatakan, keputusan ini diambil karena BUMD Batam dibawah kepemimpinan Hari masih memiliki piutang.

Menurut dia, BUMD masih memiliki piutang setelah jajaran direksi menyampaikan laporang pertanggungjawaban. Soal besaran piutang, Rudi mengaku tidak tahu.

“Intinya kami minta mereka tagih dulu,” tambahnya.

Ia tidak ingin kepemimpinan baru BUMD kelak mewarisi hal yang ada dari direksi yang akan didemosioner. Hal ini untuk menghindari permasalahan di kemudian hari.

“Kami tak mau kalau ada masalah, kami akan terima kalau persoalan piutang itu selesai,” sebut dia. (iza)

Advertisement
loading...