batampos.co.id – Gubernur Kepri, Nurdin Basirun bersama Kapolda Kepri Irjen Andap Budhi Revianto membuka Kenduri Laut Masyarakat Pulau 2018 di Pulau Mongkol, Kelurahan Pemping, Batam, Minggu (9/9). Kenduri laut adalah sebagai bentuk bentuk syukur warga Batam yang bermata pencaharian sebagai nelayan atas melimpahnya hasil laut.

Iklan

Kenduri laut dimulai dengan makan bersama serta dilanjutkan dengan perlombaan sejumlah perahu motor nelayan. Puluhan perahu motor berbagai ukuran berlomba menjadi yang paling tercepat.

Nurdin Basirun dalam sambutannya berjanji akan menetapkan kenduri laut masyarakat pulau sebagai event tahunan. Ia juga mengajak masyarakat pulau Mongkol untuk saling bergandengan tangan mengembangkan masyarakat pesisir.

“Ke depan kegiatan ini kita jadikan even tahunan dengan jumlah peserta yang lebih besar lagi,” kata Nurdin.

Kapolda Kepri Irjen Andap mengucapkan terima kasih atas sambutan dan apresiasi dari masyarakat Pulau Mongkol. Ia berharap ke depan masyarakat pesisir yang ada di 111 pulau semakin aman, kondusif dan lebih sejahtera lagi.

“Saya selaku kapolda mengucapkan terima kasih. Dengan kenduri laut, kita semakin kompak,” tutur Kapolda.

Para peserta perahu ting ting memacu perahunya saat mengikuti lomba perahu ting ting pada acara Kenduri Laut Masyarakat Pulau di Pulau Monggkol Kelurahan Pemping Kecamatan Belakang pada yang di gelar Melayu Raya bersama Polda Kepri, Minggu (9/9/2018).
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

Sementara itu Ketua Panitia, Hazarin Firda menyebutkan, tema dalam kenduri laut ini adalah merangkai pulau menyatukan negeri untuk NKRI. Ini merupakan acara perdana masyarakat pesisir laut Pulau Mongkol, Pemping. Tujuannya, menyampaikan kepada masyarakat pesisir bahwa mereka adalah masyarakat Batam, Kepri dan bagian NKRI.

“Melalui acara kenduri laut ini kita harapkan masyakat pesisir tidak asing dengan masyarakat di Batam ataupun di Kepri. Hadirnya gubernur dan kapolda, membuktikan bahwa kita bersaudara. Mari bersama-sama kita menjaga aset laut yang sangat kita banggakan ini. Jangan sampai dirusak ataupun dinodai,” kata Hazarin.

Selain lomba perahu motor nelayan, kenduri laut masyarakat pulau juga dimeriahkan dengan pemberian cendra mata berupa tanjak kepada Gubernur Kepri, Kapolda Kepri, Wakil Wali Kota Batam dan anggota DPR RI dapil Kepri. (rng)