Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi (menegnakan tanjak, tengah) bersama Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (kemeja biru) berfoto bersama.

batampos.co.id – Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budhi R membuka acara Kenduri Laut 2018 yang dipusatkan di Pulau Mongkol, Kelurahan Pemping Kecamatan Belakangpadang pukul 11.00 WIB, Minggu (9/9).

Iklan

Turut hadir dalam acara ini yakni anggota DPR RI Dwi Ria Latifa, Gubernur Kepri Nurdin Basirun, Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad serta para pejabat Polda dan Polresta Barelang.

Kenduri Laut ini menurut Andap Budhi dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram.

Acara ini terselenggara atas kerjasama Lembaga Perhimpunan Melayu Raya dengan Polda Kepri.

“Kami juga melaksanakan doa bersama masyarakat nelayan pesisir dan silaturahim Kamtibmas,” ujar Irjen Andap Budhi kepada batampos.co.id.

Berbagai lomba digelar meriah seperti lomba Ketinting dan Sampan Layar (8 kategori) yang diikuti sebanyak 100 sampan bertajuk Masyarakat Nelayan Pesisir 1000 sampan Merangkai Pulau Menyatukan Negeri Untuk NKRI.

“Selain itu juga ditampilkan berbagai kesenian Melayu berupa Kompang penyambutan, Silat Melayu dan Dzikir, serta makan bersama masyarakat menikmati hasil laut yang diperoleh,” ujar mantan Kapolda Maluku ini.

Kegiatan lain yang digelar bersama masyarakat nelayan dari 30 pulau yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia itu yakni bhakti kesehatan dan pengobatan gratis.

“Ini acara perdana yang selanjutnya akan direncanakan jadi agenda tahunan bagi Propinsi Kepri guna meningkatkan wisatawan dari sektor pariwisata,” pungkas Andap Budi. (spt)