Iklan
Penumpang bus Trans Batam
F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perhubungan Kota Batam mendapat tambahan 10 unit bus dari kementerian perhubungan. Semua bus ini nantinya akan dioperasikan untuk menambah trayak yang masih kekurangan bus.

“Jadi di tahun 2018 ini kita mendapat tambahan 10 bus. Tetapi memang belum sampai ke Batam,” kata kepala dinas perhubungan Rustam Efendi, Senin (10/9/2018).

Rustam mengaku belum tahu mengenai kapasitas bus tersebut. Tetapi ia berharap bus tersebut segera bisa direalisasikan dan sampai ke Batam.

“Kita juga rencananya akan menambah trayek yang banyak penduduknya. Kalau masalah kapasitasnya, belum tahu sama sekali,” katanya.

Kepala UPT Trans Batam, Cipto, beberapa waktu lalu mengatakan Dishub meminta tambahan armada ke pusat karena memang saat ini bus Trans Batam masih sangat minim. Saat ini yang dioperasikan Dishub Batam hanya 57 unit. Tetapi enam di antaranya sudah tidak bisa beroperasi karena rusak parah.

“Jadi ada sekitar 6 unit bus yang memang sudah tak bisa jalan. Itu bus di pengadaan tahun 2005 dan 2006 lalu,” katanya.

Selain itu, tujuh unit bus trans Batam terpaksa dibuat jadi bus cadangan karena kondisi kurang bagus dan modelnya yang sudah ketinggalan.

“Kalau yang cadangan masih layak jalan. Tapi memang kita akui, modelnya model bus lama. Jadi kalau ada bus yang rusak, itu yang kita gunakan. Tidak jalan setiap hari,” tambahnya.

Sementara itu, anggota komisi III DPRD Kota Batam Werton Panggabean meminta pihak Dishub untuk terus melobi pusat agar segera merealisasikan bus tersebut.

“Kalau sudah seperti ini memang harus terus ditanyakan ke pusat. Batam ini memang masih kurang bus. Kalau bisa setiap 10 menit atau 15 menit sudah ada bus yang melintas. Dengan demikian, akan semakin banyak warga yang naik Trans Batam,” katanya. (ian)

Advertisement
loading...