batampos.co.id – Komisi pemilihan umum kota Batam kebut verifikasi 11.166 data pemilih ganda yang menjadi temuan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Komisioner Bidang Data KPU Batam, Sudarmadi mengatakan proses verifikasi ditargetkan selesai, Rabu (12/9) mendatang. Saat ini petugas perhitungan suara (PPS) masing-masing kecamatan masih menyisir data ganda tersebut.

“Masih kerja semua,” ujar Sidarmadi, Senin (10/9).

Dia mengatakan sebanyak 11 ribu lebih data ganda ini harus dicek berdasarkan nama dan NIK pemilih, agar bisa mendapatkan data pemilih yang sebenarnya dan sesuai dengan kondisi di lapangan.

“Temuan ini akan berpengaruh tertahap penetapan data pemilih tetap nantinya. Beberapa daerah yang banyak ditemukan data ganda diantaranya Sagulung, Batuaji, Batamkota hingga Sekupang,” katanya.

Data ganda yang ditemukan berbagai jenis seperti ganda kelurahan dan antar kelurahan dan antar kecamatan.

“Misalnya pemilih A ditemukan di dua kelurahan sekaligus atau di kecamatan yang berbeda ada satu NIK,” sebutnya.

Komisioner Divisi Hukum dan Informasi Bawaslu Batam, Mangihut Rajagukguk mengatakan pihaknya sudah menyerahkan jumlah data ganda yang ditemukan Bawaslu beserta nama dan NIK pemilih tersebut.

Ia berharap KPU bisa bergerak cepat untuk menyelesaikan masalah tersebut. “Mereka minta mana data itu dan kami kasih,” jelasnya.

Sementara untuk saat ini proses verifikasi masih terus berlanjut. Pihak KPU , Bawaslu Batam, Panitia Pemilihan Kecamatan dan Panitia Pemungutan Suara juga sudah mengadakan pertemuan, pagi kemarin. Pertemuan itu terkait dengan kegiatan pencermatan data ganda. (une)

Advertisement
loading...