Iklan
Sejumlah siswa-siswi saat akan melakukan perekaman E KTP di mobil unit pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam di sebuah Sekolah. | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Berapa usiamu? 17 tahun?! kalau sudah ayo buruan rekam e KTP Ya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam, Said Khaidar mengajak remaja yang akan beranjak usia 17 tahun untuk segera melakukan perekaman data Kartu Tanda penduduk elekronik (-e-KTP). Hal ini sebagai antisipasi kekosongan blanko, juga sebagai langkah persiapan Pemilu 2019.

“Harapannya ketika anak-anak menginjak usia 17 tahun mereka sudah memiliki e-KTP. Selain itu program ini juga sekaligus mengajak pemilih pemula menggunakan haknya,” ujar Said, Senin (10/9).

Dia mengatakan sejak pertengahan tahun lalu, pihaknya memang gencar mendatangi sekolah-sekolah. Hal tersebut dinilai sangat membantu pelajar untuk memiliki e-KTP.

“Jangan sampai pas dibutuhkan baru datang merekam. Takutnya pas dibutuhkan blanko habis atau jaringan bermasalah,” katanya.

Ditanya animo pelajar untuk merekam, Said menyebutkan cukup tinggi. Menurutnya, KTP merupakan identitas penting yang harus dimiliki.

“Mereka (pelajar) ada yang mau melanjutkan sekolah, mau buat pasport dan dokumen lainnya pakai KTP. Jadi diharapkan untuk merekam sekarang,” jelasnya.

Selain mengunjungi sekolah, pihaknya juga berencana membuka konter perekaman di pusat aktivitas warga seperti di Lapangan Engku Putri. Hal itu menurutnya untuk mempermudah warga mendapatkan e-KTP.

“Rencananya mau seperti itu. Kami mau buka hari Sabtu dan Minggu,” ucapnya.

Namun rencana tersebut belum bisa direalisasikan, mengingat kebutuhan blanko untuk kecamatan yang masih banyak.

“Kecamatan masih kekurangan. Ini masih rencana tapi mudah-mudahan bisa direalisasikan,” harapnya. (une)

Advertisement
loading...