foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – Bandar Udara Hang Nadim akan segera ditenderkan mulai Bulan Desember mendatang.

Iklan

“Ini kami mundurkan dari Bulan Oktober ke Desember,” kata Kepala BP Batam Lukita Dinarsyah Tuwo, Senin (10/9).

Dalam mengembangkan Bandara Hang Nadim, BP Batam Butuh dukungan dari Kementerian Keuangan. Pasalnya kebijakan yang diterapkan BP Batam dengan pememang tender adalah memakai konsep kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

“Bentuk dukungannya adalah sebagai transaction advisor dan memberikan garansi dari perusahaan penjamin infrastruktur,” kata Lukita.

Dengan dukungan seperti ini, maka BP dapat membuka tender dengan lancar. Karena mendapat kepastian hukum dan kenyamanan dari pemerintah.

Setelah mendapatkan dukungan dari Kemenkeu, maka BP akan membuka tender tersebut. BP mengadopsi konsep KPBU karena memiliki banyak keuntungan.

Keuntungan pertama adalah pemerintah dalam hal ini BP Batam tetap memegang kendali proyek. Kedua percepatan pembangunan infrastruktur tanpa membebani APBN maupun APBD.

Ketiga pemanfaatan keahlian teknis dan komersial dari badan usaha. Keempat pembagian risiko dilakukan dengan badan usaha dan terakhir adalah value for money (VFM) yang lebih baik melalui proses pengadaan yang transparan dan kompetitif.(leo)