Iklan

batampos.co.id – Badan pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam terus aktif melakukan penagihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB P2).

Hingga kemarin, capaian pajak andalan penerimaan daerah Kota Batam ini baru Rp 121,9 miliar dari target tahun 2018 ini Rp 158,5 miliar.

Kepala BP2RD Batam Raja Azmansyah menyebutkan salah satunya yakni menurunkan tim untuk melakukan penagihan langsung ke Wajib Pajak (WP), terutama ke WP yang besar.

“Kami datangi, menagih ke WP yang punya tunggakan. Turun bersama tim, ke hotel-hotel juga perusahaan-perusahaan,” ucap dia, Selasa (11/9).

Sekadar diketahui, jumlahnya WP besar sekitar 7 ribuan dari total 290an ribu WP, sebagian besar WP perorangan atau warga.

Selain itu, pihaknya juga telah bersurat ke bank mitra BP2RD untuk membuka kembali konter-konter serupa di mall ataupun pusat keramaian lai seperti yang dilakukan menjelang jatuh tempo, 31 Agustus lalu.

“Tinggal menunggu respon mereka,” imbuhnya.

Permintaan tersebut akan disampaikan lagi dalam rapat koordinasi yang dilakukan, pekan depan. “Rapat koordinasi ini juga membahas bagaimana mekanismenya (kemungkinan pembukaan konter),” tambahnya.

Menurut dia, tidak hanya dua cara tersebut, pihaknya juga terus melakukan imbauan melalui program yang dilaksanakan oleh BP2RD, juga kegiatan. “Ini kami lakukan sembari melakukan penagihan aktif,” sebut dia.

Tim penagihan PBB P2 BP2RD Kota Batam selain menyasar WP besar, kegiatan ini dijalan bersama dengan verifikasi data piutang.

“Kami turun langsung didampingi oleh Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan,” kata ketua tim, Vivit, Kamis (30/8).

Dalam hal ini, tim membagi tugas pada semua wilayah Batam. Adapun yang akan diverifikasi seperti nomor objek pajak (NOP) ganda, objek pajak yang sudah beralih fungsi menjadi fasilitas umum atau fasilitas sosial hingga terkait objek pajak tak ditemukan.

“Ketika tim turun dan menemukan wajib pajak yang menunggak, langsung diimbau untuk segera lakukan pembayaran,” sebut dia. (iza)

Advertisement
loading...