Seorang pria Mesir ditangkap setelah ketahuan sarapan bersama dengan perempuan bercadar. Pria itu ditangkap setelah video yang menunjukkan dirinya dengan wanita bercadar itu tersebar melalui akun jejaring sosial Twitter (Reuters)

batampos.co.id – Seorang pria ditangkap setelah video yang menunjukkan dirinya dengan wanita bercadar itu tersebar melalui akun jejaring sosial Twitter.

Iklan

Dalam video tersebut, seorang pria berdialek Mesir sarapan di samping seorang perempuan bercadar yang dianggap sebagai orang Arab Saudi.

Di Arab Saudi, hal tersebut bertentangan dengan hukum yang ada. Di tempat kerja atau tempat makan seperti McDonalds dan Starbucks sekalipun perempuan dan laki-laki dilarang duduk bersama.

Para perempuan di Arab Saudi dilarang melakukan kegiatan tanpa didampingi suami atau wali laki-laki mereka. Pria tersebut kemudian ditangkap oleh Menteri Perburuhan dan Pembangunan Sosial Saudi yang menuduhnya melakukan beberapa pelanggaran.

Seperti dilansir BBC, video tersebut bahkan sudah ditonton sebanyak lebih dari 113 ribu kali di Twitter. Dalam video berdurasi 30 detik tersebut terlihat pria dan perempuan itu bercanda sebentar saat sarapan bersama.

Awalnya biasa namun hal yang membuat geger adalah ketika sang perempuan terlihat seperti menyuapi pria tersebut. Banyak netizen yang menyalahkan perempuan tersebut dan tak seharusnya si pria yang ditangkap.

Kabar tersebut sontak menimbulkan pro dan kontra di media sosial Twitter, ada yang menyalahkan pihak perempuan dan ada pula yang membahas kesetaraan gender bahwa hubungan kerja tidak perlu dibatasi.

Pengguna Twitter Tarek Abd Aziz meminta orangt-orang untuk tenang dan menganggap makan bersama adalah hal wajar yang terjadi antar manusia. Namun tak semua setuju karena sebagian dari mereka masih beranggapan bahwa mengembangkan pekerjaan untuk perempuan Saudi dengan orang asing bukan merupakan kebiasaan, tradisi, dan tidak sesuai dengan nilai-nilai.

(trz/JPC)