Ribuan pelamar ingin mendapatkan 150 kursi kerja.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Ribuan pencari kerja kembali memadati kawasan Multi Pupose Hall (MPH) Batamindo di Mukakuning sepanjang, Rabu (12/9) kemarin. Itu karena sejumlah perusahaan di kawasan Industri Batamindo membuka lowongan kerja diantaranya PT Dynacast, Unisem dan Ciba Vision.

Informasi yang didapat dari pihak PT Tunas Karya sebagai perusahaan perekrut, perekrutan tenaga kerja teknisi yang paling banyak dari PT Dynacast yakni 150 pekerja wanita dengan batas usia maksimal 23 tahun.

Sementara perusahan lainnya hanya membutuhkan dua hingga tiga orang pekerja saja khusus untuk pekerja pria.

“Untuk cewek yang banyak. Sekitar 150 orang yang dibutuhkan oleh PT Dynacast. Kalau yang lainnya hanya dua atau tiga orang untuk pria,” ujar Heru, petugas perekrut, kemarin.

Meskipun tak banyak yang direkrut namun lowongan kerja tersebut menjadi perhatian para pencaker untuk beradu nasib. Pantauan di lapangan, ada sekitar tiga ribuan pencaker yang memadati lokasi MPH Batamindo sejak pukul 07.00 WIB.

Tidak sedikit pencaker yang harus pulang dengan kecewa sebab tidak memenuhi persyaratan memasukan berkas lamaran seperti usia diatas 23 tahun hingga tinggi badan yang tidak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh pihak perusahaan yang membuka lowongan kerja.

“Banyak yang tak masuk karena umur dan tinggi badan tak sesuai,” ujar Heru.

Selain itu ada juga pencaker yang mengurungkan niat mereka untuk memasukan lamaran sebab tidak sesuai dengan keinginan.

Sandra Juwita misalkan, gadis 22 tahun itu mengurungkan niatnya memasukan lamaran ke salah satu perusahaan yang buka lowongan kerja itu, lantaran dia pernah kerja di sana sebelumnya. Dia memutuskan untuk berhenti sebab pekerjaan terlampau berat.

“Bukannya milih-milih, tapi memang terlalu berat kerja di PT itu,” ujar Sandra. (eja)

Advertisement
loading...