ilustrasi.
foto : batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Calon pelamar CPNS harap bersabar.

Iklan

Situs web pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) masih dalam proses input. Nantinya, para pelamar akan bisa mengaksesnya melalui sscn.bkn.go.id pada pekan depan.

“Web akan kami aktivasi dengan jadwal tentatif 19 September 2018,” ujar Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan saat dihubungi JawaPos.com, Selasa (11/9).

Dia menjelaskan, pihaknya masih menunggu kesiapan pemerintah pusat. Dalam hal ini 76 Kementerian/Lembaga dan 525 pemerintah daerah, untuk mengunggah persyaratan mendaftar CPNS.

“Saat ini proses yang sedang berlangsung adalah proses input formasi dan setting persyaratan pelamaran di back office SSCN oleh Biro SDM/Kepegawaian di pusat dan daerah,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala BKN Bima Haria Wibisana selaku Ketua Pelaksana Seleksi Nasional CPNS menyampaikan bahwa sistem pendaftaran dan seleksi CPNS 2018 akan dilakukan secara terintegrasi. Yakni melalui portal nasional via http://sscn.bkn.go.id.

Dia menegaskan, tidak ada pendaftaran melalui portal mandiri oleh Instansi. Perihal syarat administrasi pendaftaran, dia mengimbau seluruh instansi penerima CPNS 2018 agar memberikan persyaratan yang wajar dan tidak menyusahkan masyarakat pelamar.

“Persyaratan seperti akreditasi dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) harus disesuaikan dengan indeks prestasi di wilayah masing-masing,” kata Bima, Jumat (7/9).

Selanjutnya, proses seleksi akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) baik untuk pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

(yes/JPC)