Ketua Panitia Asmaniar didampingi Wakil Panitia Karina dan Kasubdit Humas dan Publikasi Topan memberikan keterangan rencana beberapa event kegiatan yang akan selenggarakan oleh BP Batam, Kamis (13/9). F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Menyambut Hari Bakti ke-47, Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar beragam acara. Salah satunya adalah Pesta Komunitas dan Wisata Kreatif yang akan digelar di Ocarina, 6 hingga 7 Oktober.

Iklan

Dalam acara ini, BP bekerjasama dengan EO Idealogi. Ketua Panitia, Asmaniar mengatakan latar belakang kegiatan ini adalah sebagai ajang penggiat-penggiat komunitas bertemu dan berkolaborasi komunitas.

“Masyarakat dan kaum muda Batam yang punya wawasan seni juga membutuhkan wadah dan saran edukasi kreatif untuk mengekspresikan hobi dan kreatifitas,” kata Asmaniar di Mediacentre BP Batam, Kamis (13/9).

Ia berharap event ini dapat menjadi ajang bagi sarana umum para penggiat komunitas dalam mengekspresikan diri lewat pertemuan terbuka. “Sehingga dapat menciptakan media yang dapat dimanfaatkan masyakat untuk berkembang bersama komunitas yang sesuai dengan pilihan mereka,” ucapnya lagi.

Asmaniar menjelaskan kegiatan ini juga akan menjadi event tahunan yang bermanfaat sebagai wadah terciptanya industri kreatif di Batam. Kemudian juga dapat menjadi menjadi destinasi wisata baru di Batam yakni wisata kreatif yang merupakan ajang kolaborasi ide dan karya kreatif masyarakat Batam dan juga Kepri.

“Dengan event ini kita juga berharap bisa menjadikan Batam sebagai salah satu destinasi wisata kreatif di Indonesia,” katanya.

Rangkaian acara BP Batam pestas komunitas ajang wisata kreatif tahun 2018 diantaranya adalah konvoi Ikatan Motor Indonesia (IMI) yang diikuti sejumlah komunitas motor seperti Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI) Indonesia of Road Federasi (IOF), dan juga Kom Motor FU 150. Kemudian juga akan ada penghargaan buat komunitas terbaik.

Selanjutnya juga ada kegiatan sosial seperti donor darah, penyuluhan kesehatan, dan donor buku untuk masyarakat Hinterland. Selain itu juga akan dibarengi dengan pasar murah, bazar, lomba modern dance, hiphop dan breakdance. Untuk kuliner dibuka secara gratis dengan target sekitar 200 stand di dalam kawasan Mega Wisata Ocarina Batam tersebut.

“Sedangkan untuk komunitas sampai saat sudah ada 52 peserta. Kita masih buka pendaftaran sampai H-7 dengan target sampai 60 komunitas,” katanya.

Adapun kategori yang sudah terdaftar antara lain lima komunitas pecinta satwa, lima komunitas yang berhubungan dengan tanaman hias, hidroponik, aqua scape. Kemudian untuk sisanya sebanyak 40 komunitas yang berkaitan dengan hobi, kreatif, serta seni pertunjukan.

“Nanti akan digunakan setangah lokasi di Ocarina untuk mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Kami juga sampaikan bahwa seluruh pendaftaran tidak dipungut biaya,” katanya.(leo)