batampos.co.id – Gubernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan memeringati hari jadi Provinsi Kepri ke-16 harus menampilkan rangkaian acara dengan maksimal. Apalagi di dalamnya ada 32 proyek strategis yang akan ditampilkan progresnya, mulai dari yang baru tahap pembangunan, pembangunan sedang berjalan, dan yang sudah rampung.

Iklan

“Tampilkan hasil pembangunan tersebut dengan maksimal dan terkonsep,” ujar Nurdin saat memimpin rapat persiapan peresmian proyek-proyek strategis dan agenda hari jadi Provinsi Kepri di ruang kerjanya, Kantor Gubernur, Pulau Dompak, Tanjungpinang, Kamis (13/9).

Nurdin menyarankan agar dalam tampilan maket pembangunan nantinya bukan hanya menampilkan kondisi saat ini. Namun, harus ada penjabaran perencanaan ke depan, seperti apa hasilnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah TS Arif Fadillah menyarankan agar dalam menampilkan audio visual nantinya mencari angel yang tepat.

“Supaya terlihat dengan jelas kondisi yang telah dan akan dibangun,” ujar Arif. Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Aries Fhariandi dalam paparannya mengatakan dalamperesmian proyek strategis tersebut akan di bagi tiga rincian yakni: groundbreaking, peresmian/launching, dan ekspos proyek yang sedang berjalan.

Groundbreaking yang akan diekspos adalah proyek Jalan Lingkar Gurindam 12 di Tanjungpinang. “Pertama kita tandai dengan penekanan tombol di Gedung Daerah kemudian langsung meninjau lokasi dan ditandai dengan pengerukan pasir,” papar Aries.

Kemudian peresmian ada 8 kegiatan yang telah selesai, antara lain jalan Pusat Pemerintahan Provinsi di Pulau Dompak, Jalan Bukit Leman dan Trans Batubi di Natuna, Jalan Coastal Area Karimun, Peresmian Kantor KEK Galang Batang di Bintan, Pembangunan Gedung Rawat Inap Instalasi Jiwa Kelas III Di RSUD Provinsi Kepri di Bintan dan pengadaan alat Cathlab Angiography di RSUD Provinsi Kepri di Tanjungpinang.

“Peresmian sendiri ditandai dengan menampilkan maket secara audio visual,” lanjut Aries.
Lalu pada proyek berjalan, dari data yang telah dirangkum ada sebanyak 23 paket proyek besar yang akan ditampilkan, antara lain pembangunan USB SMAN 5 Karimun, USB SMAN 24 Batam, Lapangan Sepaknola Terbuka di Dompak, Peningkatan Jalan Trans Batubi-Kelarik di Natuna, Pengembangan Masjid Bai-turrahman Karimun, peningkatan Jalan Lintas Barat arah Uban, peningkatan Jalan Temburun Pasir Peti di Anambas dan Pelabuhan Pelantar I dan II.

Hadir pada kesempatan tersebut Asisten Perekonomian Syamsul Bahrum, Kadis Kelautan Eddy Sofyan, Kadis Kesehatan Tjetjep Yudiana, Kadis Perhubungan Jamhur Ismail, Kadis Energi dan SDM Amjon, Kadis Pertanian Ahmad Izhar, Kabiro Pemerintahan Haryono, Kabiro Hukum Heri Mokhrizal dan Kabiro Humprohub Nilwan. (bni)