Penampakan mobil off-road Porsche Jagdwagen yang legendaris (Istimewa)

batampos.co.idCarscoops, Jumat (14/9) mengungkap  sebuah fakta bahwa Porche sesungguhnya telah mengembangkan mobil off-road pertama kali untuk militer tentara Jerman.Jadi kalau sekarang akan bikin itu bukan mobuk off road perdana.

Dikisahkan, saat itu pemerintah Jerman membutuhkan kendaraan tangguh, namun lincah dan cepat untuk operasi militer mereka.

Sejatinya, ketika mendapat penawaran mengembangkan kendaraan off-road, Porsche belum memiliki pengalaman membangun mobil jenis ini. Tetapi mereka merupakan salah satu produsen mobil yang memiliki spesialisasi untuk mobil yang lincah dan cepat.

Akhirnya pemerintah Jerman memintanya untuk membangun model off-road yang dapat diandalkan untuk mengarungi medan berat dalam operasi militernya.

Mobil yang diciptakan saat itu adalah Porsche Jagdwagen. Mobil ini dikenal sangat taktis. Model dan bentuknya mirip seperti mobil off-road milik Volkswagen yang bernama Kübelwagen, namun bongsor. Bobotnya mencapai 870 kg.

Porsche kemudian membangunnya dengan cara memodifikasi model mobil yang sudah ada dengan membangun frame baru dengan mesin empat silinder yang pada mobil lincah Porsche 356. Jagdwagen akhirnya memiliki power 50 hp dan itu memungkinkan model untuk mencapai kecepatan tertinggi hingga 100 km/jam. Sebuah mobil off-road tercepat saat itu.

Mesin dikawinkan dengan transmisi empat percepatan yang mengakomodir gigi off-road tambahan. Menariknya, sistem penggerak mendapatkan modifikasi yang tidak biasa pada zamannya, yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Sitem penggerak rodanya diracik sedemikian rupa sehingga mampu mengkombinasikan front wheel drive dan all-wheel drive.

Mobil ini tak hanya bisa beraksi di medan perbukitan berbatu dengan medan ekstrim. Ia juga bisa mengapung dan menyeberangi sungai bahkan rawa-rawa yang berat. Mobil ini akhirnya menjadi salah satu mobil paling ideal untuk kendaraan militer Jerman di tahun 1950-an.

Jagdwagen dipresentasikan kepada pemerintah Jerman pada tahun 1955 dan kemudian diperlihatkan kepada militer Inggris dan Perancis. Porsche kemudian terus mengembangkan model dalam persiapan untuk produksi, tetapi kontrak pemerintah akhirnya diberikan kepada Auto Union dan Porsche berhenti mengerjakan proyek tersebut.

Meskipun tidak pernah masuk ke produksi massal, Porsche telah membangun total 71 Jagdwagens sebelum proyek itu dihentikan. Sekitar 50 model masih ada dan kadang-kadang dijual kepada pecinta off-road ektrim.Dua tahun lalu, sebuah Jagdwagen 1957 dijual seharga USD 229.573 atau setara dengan Rp 3,3, miliar lebih.

(wzk/JPC)

Advertisement
loading...