Kamis, 18 April 2024

Nyamuk Masuk 5 Besar Hewan Paling Mematikan

Berita Terkait

batampos.co.id –  Coba sebutkan hewan yang paling mematikan. Adakah anda pernah berpikir itu nyamuk?

Seperti dilansir BBC, berikut lima hewan yang dapat disebut sebagai hewan paling mematikan di dunia.

1. Nyamuk
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sekitar 725 ribu orang tewas setiap tahunnya karena penyakit yang dibawa oleh nyamuk.

Malaria bahkan hingga kini telah menjangkit 200 juta orang di dunia dan 600 ribu lainnya meninggal dunia karena serangan malaria. Selain malaria, nyamuk juga membawa penyakit lainnya seperti demam berdarah, demam kuning dan ensefalitis.

ilustrasi

2. Ular
Sebanyak 500 ribu orang diperkirakan meninggal dunia karena serangan ular setiap tahunnya. Taipan Pedalaman adalah ular paling berbisa di dunia. Racunnya sangat kuat dan dapat membunuh manusia hanya dalam waktu kurang dari 45 menit sudah ada lebih dari 85 persen dari korban yang meninggal setelah digigit oleh ular Taipan.

Taipan Pedalaman biasa ditemui di Australia tengah sedangkan ular-ular berbisa lainnya dapat ditemui di Pakistan, India, Sri Lanka dan Timur Tengah serta Afrika.

3. Anjing
Seringkali disebut sebagai sahabat terbaik manusia, namun anjing rabies bertanggung jawab atas kematian sekitar 25 ribu orang setiap tahunnya. Menurut WHO, ada beberapa negara yang terdampat anjing dengan 99 persen virus rabies di antaranya adalah India, di India 20 ribu dari sekitar 55 ribu kematian di sebabkan ketika anak-anak bersentuhan dengan anjing yang terinfeksi rabies.

4. Buaya
Buaya ternyata masuk hitungan hewan mematikan, mangsa buaya tidak selalu manusia karena mereka adalah pembunuh oportunistik. Di Afrika, tercatat ratusan serangan buaya terhadap manusia setiap tahunnya dan setengahnya berakibat fatal.

Di seluruh dunia, buaya diperkirakan membunuh sekitar 1.000 manusia per tahun, yang berarti jumlahnya lebih banyak daripada hiu. Serangan buaya alam liar kebanyakan terjadi di Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok. Pihak berwenang negara bagian bahkan mengatakan bagwa di negara bagian Florida, AS, 22 orang telah dibunuh oleh serangan buaya sejak 1948.

5. Kudanil
Hewan besar yang hobi berendam di air lumpur ini ternyata masuk daftar hewan paling mematikan di dunia versi BBC, tercatat sekitar 500 orang meninggal di Afrika akibat serangan kudanil. Kudanil merupakan makhluk mamalia agresif yang memiliki gigi sangat tajam.

Bobot kudanil yang mencapai 2,750 kilogram bahkan dapat membuat seseorang meninggal dunia jika tertimpa di bawahnya.

(trz/JPC)

Update