Jumat, 19 April 2024

Polisi Uji Coba e-Tilang

Akan Pasang CCTV Asal Tiongkok

Berita Terkait

DK PBB Bahas Keanggotaan Penuh Palestina

Batam Segera Miliki Premium Outlet

Batam Segera Miliki Premium Outlet

batampos.co.id – Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memasang CCTV di sejumlah titik ruas Jalan Thamrin – Sudirman sebagai upaya awal menerapkan e-Tilang di Jakarta. Oktober 2018, sistem e-Tilang dapat dilaksanakan.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusuf mengatakan, untuk mengawali penerapan e-Tilang tersebut pihaknya meminta anggotanya untuk pergi ke Tiongkok untuk menyiapkan peralatan. Setelah itu, uji coba pemasangan CCTV akan dilaksanakan beberapa bulan ke depan.

“Anggota sedang ke Tiongkok menyiapkan alat-alat ujicoba e-Tilang atau tilang elektronik mulai diujicobakan Oktober nanti,” ujarnya Senin (17/8).

Dikatakan Yusuf, setelah CCTV sudah terpasang di titik-titik Jalan Thamrin-Sudirman, Polda Metro Jaya akan menangkap tindak pelanggaran di jalanan. Pelanggaran itu nantinya akan disebarkan dan dikirimkan langsung ke rumah pengendara yang melakukan pelanggaran.

Menurutnya, spesifikasi CCTV yang dipasang Dirlantas PMJ memiliki berbeda dengan sepesifikasi CCTV pada umumnya. CCTV khusus untuk memantau pergerakan pelanggaran lalu lintas bisa dengan jelas memantau pada malam hari.

“Alasan beli baru karena bisa merekam dan ambil foto dengan jarak 10 meter. Memang spesifikasinya lebih tinggi,” jelas Yusuf.

Alasan memilih Thamrin Sudirman untuk diujicobakan karena ruas jalan tersebut diberlakukan ganjil genap. Yusuf belum bisa memastikan berapa jumlah CCTV yang akan terpasang nanti. Sebab uji coba dianalisis masih dilakukan tim pemasang.

Setelah kamera terpasang, anggota Ditlantas segera menyosialisasikan di beberapa titik dengan cara pemberitahuan langsung kepada pengendara hingga pemasangan spanduk. “Pemasangan CCTV terpasang di setiap persimpangan,” ujarnya. (wiw/jpg)

Update