Sejumlah warga mengurus e-KTP di kantor Disdukcapil Karimun, kemarin. (Foto: Tri Haryono/Batam Pos)

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karimun menerima 6.000 lembar blanko kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) dari Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Selasa (17/9).

”Blanko KTP ini kita prioritaskan yang sudah melakukan Print Ready Record (PRR) atau sudah melakukan perekaman dan yang belum sama sekali mempunyai e-KTP,’’ jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Karimun M Tahar di Tanjungbalai Karimun.

Pihaknya juga akan memprioritaskan pelajar yang sudah memasuki usia 17 tahun pada bulan ini. Sehingga pelajar atau pemilih pemula dapat menggunakan hak pilihnya pada April 2019 mendatang. Mengingat, salah satu syarat bagi pemilih yaitu harus memilik e-KTP.

”Ketersediaan blanko e-KTP bisa dimanfaatkan masyarakat karena yang belum mendapatkan e- KTP tinggal 209 lebih saja,’’ ungkapnya. Menurutnya, masyarakat yang sudah habis masa berlakunya tidak bisa diganti dengan e-KTP seumur hidup bila tidak ada perubahan identitas.

Sebab, e-KTP yang sudah habis masa berlakunya sesuai dengan UU Nomor 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan dinyatakan berlaku dan sah sebagai identitas diri untuk berbagai keperluan nantinya.

“Kita juga turun ke lapangan jemput bola. Intinya, sekarang untuk membuat e-KPT tidak ada kendala lagi,’’ ujarnya. Pantauan di kantor Disdukcapil Karimun, masyarakat yang melakukan pengurusan e-KTP masih antre. Baik yang hendak melakukan perekaman maupun mengambil e-KTP.

”Baru siap e-KTP-nya, minggu lalu kosong, hari ini (Senin-red) baru tercetak oleh petugas,’’ ucap Dina, warga yang mengambil e-KTP di Disduk Capil. (tri)

Advertisement
loading...