Jumat, 19 April 2024

Kuota CPNS 2018 Kota Batam Terbanyak untuk Posisi Guru

Berita Terkait

Guru SDN 019 Perumahan Villa Mukakuning, Tembesi, Sagulung memberikan arahan saat pertama masuk sekolah, Senin (16/7). F Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kuota CPNS 2018 untuk Batam sebanyak 363 kuota. Jumlah tersebut diperuntukkan untuk tiga bidang yakni, sebanyak 197 untuk tenaga pengajar (guru SD dan SMP), 129 untuk tenaga kesehatan serta untuk tenaga teknis sekitar 30 kuota.

“Dari tiga jenis ini ada lagi rinciannya, nanti kami akan umumkan. Kuota ini sudah fix berdasarkan keputusan Menpan,” imbuh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam Jefridin, Senin (17/9/2018).

Walau telah mendapat rincian tersebut, ia mengatakan Pemko Batam telah bersurat ke Kemenpan RB meminta penjelasan untuk beberapa hal. Seperti penjelasan peserta jalur khusus di daerah.

“Kalau secara nasionalkan ada 5 persen untuk jalur khusus terbagi dalam cumlaude, penyandang disabilitas dan peraih prstasi internasional. Maka untuk daerah kami bersurat meminta kejelasan, supaya nanti kami tidak dipersalahkan,” paparnya.

Ada tiga proses peneyelanggaraan CPNS kelak yakni, seleksi administrasi, tes kemampuan yang meliputi tes karakter, intelegensia umum serta wawasan kebangsaan, dan tes kemampuan bidang masing-masing,” paparnya.

Untuk diketahui, pembukaan pendaftaran CPNS 208 akan mulai besok Rabu (19/9) ini. Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, akan mengumumkan formasi lengkap hari ini, Selasa (18/9).

“Formasinya apa saja, saya akan umumkan,” kata Rudi. (iza)

Update