batampos.co.id – Meski warnanya menggiurkan, buah stroberi di Australia sebaiknya tidak dinikmati langsung, melainkan dipotong-potong dulu sebelum dimakan. Demikian bunyi imbauan tertulis Menteri Kesehatan Australia Greg Hunt, sebagaimana dilansir BBC, Senin (17/9). Mengapa demikian? Sebab, ada jarum di dalamnya.

Stroberi berjarum ditemukan di Negara Bagian Queensland. Kasus serupa lantas bermunculan di negara-negara bagian lain. Jika tertelan, jarum dalam stroberi itu bisa menimbulkan masalah serius bagi kesehatan.

’’Dengan memotong-motong stroberi, jarum di dalamnya akan terlihat. Jadi, tidak ikut tertelan,” tegas Hunt. Pemerintah Queensland yakin stroberi-stroberi berjarum itu adalah hasil perbuatan orang jahil. Tidak mungkin jarum-jarum berada di dalam buah berwarna merah tersebut tanpa sengaja.

Sejauh ini, ada enam merek stroberi kemasan yang dikomplain karena mengandung jarum. Yakni, Berry Obsession, Berry Licious, Love Berry, Donnybrook Berries, Delightful Strawberries, dan Oasis. Merek-merek itu akhirnya ditarik dari pasaran.

Otoritas Keamanan Pangan Australia dan polisi tengah menyelidiki kasus tersebut. Mereka berusaha keras memburu pelaku yang diduga lebih dari satu. Pemerintah Queensland bahkan menyayembarakan kasus itu. Hadiah 100 ribu dolar Australia atau setara Rp 1,06 miliar ditawarkan bagi siapa pun yang punya petunjuk tentang pelaku. Sayang, sampai sekarang, hasilnya masih nihil. (sha/c18/hep)

Advertisement
loading...