Sabtu, 20 April 2024

Begini Suasana di Karimun Jelang Pendaftaran CPNS

Berita Terkait

batampos.co.id – Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disduk Capil) Kabupaten Karimun dipadati warga yang hendak mengurus atau mencetak Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP), Selasa (18/9). Mereka hendak mengambil e-KTP untuk melamar sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

”Sesuai dengan SK MenPAN RB Nomor 628 Tahun 2018 tentang Kebutuhan Pegawai ASN di lingkungan Kabupaten Karimun pada tahun ini, jumlah lowongan yang disediakan sebanyak 227 orang. Terdiri dari tenaga guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis” ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq kepada Batam Pos, Selasa (18/9).

Sehingga wajar jika masyarakat yang ingin melamar mempersiapkan berkas administrasi, terutama e-KTP. Hanya saja, perlu diketahui bahwa untuk pelamar CPNS tidak hanya terbatas pada warga Kairmun. Warga dari luar Kabupaten Karimun juga boleh mendaftar.

Kepala Didusk Capil Kabupaten Karimun M Tahar mengaku dalam dua hari ini cukup banyak warga yang datang untuk meminta pencetakan e-KTP, baik yang buat baru dan pergantian.

“Pada Senin kemarin sudah tercatat 400 lembar e-KTP yang kami cetak dan serahkan langsung kepada pemohon. Pagi hari ini saja (kemarin) sudah 100 lembar yang dicetak,” paparnya.

Hal senada disampaikan Kepala Dinas tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Karimun Azmi Yuliansah yang menyebutkan terjadi peningkatan pembuatan kartu kuning sejak Senin (17/9) dan kemarin.

”Sudah lebih 50 kartu kuning yang kami keluarkan. Katanya sebagai salah satu syarat untuk mendaftarkan diri sebagai CPNS. Dan, sebagian besar yang mengajukan permohonan untuk kartu kuning adalah tenaga honorer,” ungkapnya. (san)

Update