Sabtu, 20 April 2024

Ciptakan Peluang Bisnis Makanan di Lingga

Berita Terkait

Warga Lingga peserta pelatihan membuat kue memperlihatkan kue yang mereka buat. (Foto: Dokumentasi Humas Pemkab Lingga untuk Batam Pos)

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja Koperasi, UKM dan Perindustrian Kabupaten Lingga berupaya menciptakan SDM yang andal dan dapat bersaing dengan SDM dari kabupaten dan kota lainnya. Caranya mengikutsertakan warganya dengan sejumlah pelatihan di Balai Besar Pelatihan Kerja (BBPLK) di Kota Medan.

“Salah satu peserta yang kami kirim telah mahir membuat sejumlah jenis roti dan kue yang bernilai ekonomis,” ujar Kepala Bidang Ketenagakerjaan, Wahyudi Eka Putra, Rabu (19/9) pagi.

Menurut Wahyudi, sepulangnya mereka nanti ke kampung halaman, pengetahuan yang mereka dapat selama pelatihan di BBPLK tentunya dapat meningkatkan penghasilan bagi keluarga mereka khususnya. Bahkan jika peserta dapat mengelola dengan baik, pengetahuan dan ilmu yang telah dipelajari itu bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru.

Saat ini, sambung Wahyudi, ilmu tataboga, yakni bidang pembuatan roti sangat digemari banyak orang karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Ilmu ini berpeluang besar dalam hal menambah pundi-pundi penghasilan untuk usaha rumahan maupun bisnis berskala besar, seperti toko roti.

“Intinya jika kemahiran dapat dijalankan tentunya dapat dijadikan mata pencaharian yang baik,” ujar Wahyudi.

Untuk BBPLK Medan, Kabupaten Lingga mengirim sembilan peserta yang mengikuti sejumlah pelatihan seperti bakery, ticketing, tour guide, teknik semprot dan teknik oles.

Tidak hanya dengan BBPLK Medan, pihaknya juga menggandeng BBPLK lainnya yang ada di Indonesia untuk membagikan ilmu mereka kepada putra daerah Bunda Tanah Melayu agar dapat meningkatkan SDM dan dapat bersaing dengan SDM lainnya. (wsa)

Update