Kamis, 25 April 2024

Jangan Ketinggalan 20-24 September 2018 Ada Festival Bahari Kepri di Tanjungpinang

Berita Terkait

Sampan jong
Foto:.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Festival Bahari Kepri (FBH) digeber pada 20-24 September 2018. Even yang masuk dalam kalender pariwisata nasional itu diharapkan mampu menghadirkan 1.000 wisatawan. Khususnya ke Kota Tanjungpinang yang menjadi tempat pelaksanaan festival.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kepri Buralimar optimistis target kunjungan wisatawan dapat terealisasi. Termasuk hadirnya wisatawan asing.

“Kami targetkan bisa sesuai target. Ini menjadi ajang promosi budaya masyarakat kami,” kata Buralimar dalam keterangannya.

Guna merealisasikan target kunjungan wisatawan, disajikan 14 kegiatan yang sebagian besar adalah atraksi budaya kelautan. Antara lain lomba sampan layar, lomba jong, panggung tradisional, dan jetsky exspedition yang dilakukan dua kali. Kemudian jalan santai kirab pemuda Indonesia, parade layang-layang, aneka bazar melayu Kepri; dan beberapa agenda lainnya.

Perlombaan perahu layar, jong, dan jetsky menjadi panggung utama dalam Festival Bahari Kepri. Perahu layar memang menjadi identitas masyarakat Kepri yang sudah sangat terbiasa dengan pelayaran.

Hadirnya atraksi yang memang lekat dengan masyarakat menjadi ajang yang tidak hanya memperkenalkan kekayaan budaya bahari masyarakat nusantara. Namun juga menjadi ajang untuk melestarikannya.

Festival Bahari Kepri yang sudah masuk dalam kalender pariwisata nasional, sekaligus menjadi pendukung program Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Melalui festival, Disapar Kepri mengupayakan hadirnya wisatawan mancanegara.

Pelaksanaan tahun ini, Festival Bahari Kepri juga menyertakan peserta yang berasal dari negara tetangga. Seperti dari Singapura dan Malaysia.

“Untuk Jetsky, tahun ini ada 40 peserta dari Malaysia,” ungkap Buralimar.

(bbi/JPC)

Update