Sabtu, 20 April 2024

Polda Kepri akan Awasi Rekrutmen CPNS

Berita Terkait

F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Polda Kepri akan mengawasi proses rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang diadakan tahun ini di Kepri. Pengawasan dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya praktik percaloan hingga penipuan.

Kabid Humas Polda Kepri Kombes Erlangga mengatakan, selain mengawasi pihaknya juga mengimbau agar masyarakat waspada. Terutama jika ada pihak-pihak yang menjanjikan bisa lolos tes CPNS dengan meminta imbalan tertentu.

“Jangan percaya dengan orang-orang yang menawarkan bantuan untuk masuk CPNS, yakin saja dengan kemampuan diri sendiri,” kata Erlangga, Kamis (20/9).

Saat ini, kata Erlangga, bukan zamannya lagi menggunakan calo. Karena proses penerimaan diawasi semua pihak, baik internal maupun eksternal. “Masak di zaman now seperti ini masih gunakan calo atau hal lainnya. Sekarang ini zaman yang sudah clear dari hal-hal seperti itu,” ungkapnya.

Apabila ditemukan calo atau oknum-oknum yang menawarkan kepastian masuk PNS, masyarakat dapat melaporkannya ke pihak kepolisian atau instansi terkait lainnya. “Kalau memenuhi semua unsur, tentu akan dilakukan pendekatan hukum,” ucapnya.

Namun, pihak kepolisian tidak ingin mengutamakan penindakan. “Kami lebih mengkedepankan pencegahan,” tuturnya.

Melalui Direktorat Bimbingan Masyarakat, Polda Kepri meminta masyarakat agar mengikuti proses masuk CPNS sesuai prosedur yang berlaku.

“Selain itu jangan percaya dengan informasi yang tidak valid. Cek dulu kebenaran informasi, apakah benar instansi terkait buka lowongan. Jangan percaya begitu saja,” ungkapnya. (ska)

Update