Jumat, 29 Maret 2024

Anambas Moon Cake Festival Tampilkan Makanan dan Kesenian Tionghoa

Berita Terkait

ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Anambas Masykur, memberikan apresiasi kepada Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Anambas yang telah mensukseskan kegiatan Anambas Moon Cake Festival (AMCF), Sabtu (22/9).

Dalam acara tersebut beberapa kebudayaan Tionghoa dipamerkan seperti atraksi barongsoi, tarian etnis Tionghoa, muzik Guzheng, bazar kuliner, fashion show, dan lampion. Bermacam-macam jajanan juga dijajakkan seperti kue bulan, kue KU, bakpao, serabi, pak pia, Cakwe, Bakcang, Koipeng (nasi ayam), Yu Peng (nasi minyak), ngo hiang (kwetiaw sagu).

“Kegiatan ini akan dilaksanakan setiap tahun dan sudah masuk agenda milik Disparbud Anambas. Untuk 2019 mendatang saya harapkan akan lebih semarak lagi,” ungkap Masykur.

Dalam kalender penanggalan budaya Tionghoa, setiap tanggal 15 bulan delapan kalender Imlek (pertengahan musim gugur-Tiong Chiu) selalu dirayakan sebagai perayaan sembahyang Kue Bulan (Moon Cake). Di mana pada saat itulah bulan paling bulat dan paling terang sepanjang tahun.

Dikatakan Masykur, festival ini sebagai penutup setelah sebelumnya dilakukan festival budaya Melayu, Minangkabau dan Nusantara.

“Selain itu, ada juga akulturasi budaya lokal seperti tarian kipas dari Sanggar Tompak Tige, kolaborasi permainan biola dan akordion dengan guzheng/kecapi,” ungkapnya lagi.

Ketua PSMTI Anambas Toh Kian Kong, mengatakan, atas nama masyarakat etnis Tionghoa mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas khususnya Dinas Pariwisata dan Budaya yang telah merayakan kesenian budaya yang mereka miliki.

Menurutnya, sejauh ini belum pernah dilakukan di Anambas. Namun pada tahun 2018 ini kegiatan budaya etnis Tionghoa telah di laksanakan oleh Pemda. Pihaknya berharap dapat memberikan rasa rindu kepada saudara-saudara etnis Tionghoa asal Anambas yang berada di luar daerah.

“Diharapkan kedepannya pemerintah dapat bersama-sama membuat kegiatan seperti ini nantinya yang diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama etnis,” ucapnya. (sya)

Update