Sabtu, 20 April 2024

Kelapa dan Karet Natuna Butuh Pembeli

Berita Terkait

batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti menyampaikan permintaan perhatian PT Pelindo dalam distribusi komoditi lokal ke luar daerah.

Menurut Ngesti, banyak komoditi hasil perkebunan dapat dijual ke luar daerah menggunakan kapal tol laut. Diantaranya kelapa dan karet. Sejauh ini penampung lokal dibeli harga yang murah dari petani.

“Pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada Pelindo atas pelayanan transportasi Tol Laut melayani rute menuju Natuna. Kemudahan sangat berarti, terutama untuk memudahkan proses distribusi berbagai keperluan dari luar daerah yang akan berimbas pada upaya pengendalian harga pasar,” kata Ngesti saat mengunjungi kantor PT Pelindo di Jakarta kemarin.

Dikatakan Ngesti, mestinya terdapat kerjasama dengan perusahaan, agar setiap kapal Tol Laut dari Natuna membawa komoditi lokal. Supaya masyarakat, lebih fokus, seperti kelola perkebunan kelapa dan karet. Dan menambah sumber ekonomi masyarakat.

“Sekarang ini kelapa dan karet di Natuna tidak ada pembelinya. Jumlah produksi yang banyak, melebihi kebutuhan lokal,” ujarnya.

Kondisi saat ini kata Ngesti, diharapkan PT Pelindo dapat mendukung memberdayakan potensi komoditi lokal, supaya adanya kapal Tol Laut lebih dimanfaatkan terutama masyarakat.

Bahkan sambungnya, di Natuna juga membutuhkan gas elpiji. Sehingga Pemerintah Daerah sudah mengusulkannya kepada kementerian perhubungan.(arn)

Update