Jumat, 29 Maret 2024

Disduk Pemko Batam Kebut Penyelesaian 14 Ribu e-KTP Pemula

Berita Terkait

Sejumlah siswa-siswi saat akan melakukan perekaman E KTP di mobil unit pelayanan keliling Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Batam | Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Batam tengah gencar melakukan perekaman e-KTP untuk usia pemula dengan mendatangi sekolah.

“Setiap hari anggota turun ke sekolah. Jadi anak-anak yang mau merekam sangat dimudahkan,” kata Said, Rabu (26/9).

Berdasarkan data yang di dapat Batam Pos, ada sekitar 14 ribu usia pemula yang belum melakukan perekaman. Data tersebut terhitung hingga Agustus 2018. Banyaknya usia pemilih pemula yang belum melakukan perekaman ini, membuat Disdukcapil terus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan dengan mengajak masyarakat agar proaktif untuk melakukan perekaman.

“Tapi seiring waktu data itu semakin berkurang, karena ada yang merekam setiap hari,”katanya.

Dia mengatakan selain sebagai antisipasi kekosongan blanko, juga sebagai langkah persiapan Pemilu 2019 yakni dengan mengajak pemilih pemula menggunakan haknya.

“Saya harap bukan saja pemula, tapi yang merasa belum memiliki e-KTP diharapkan untuk mengurus,” jelasnya.

Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan e-KTP, Disdukcapil juga berencana membuka konter perekaman di pusat aktivitas warga seperti di Lapangan Engku Putri. “Rencananya mau seperti itu. Kami mau buka hari Sabtu dan Minggu,” ucapnya.

Namun rencana tersebut belum bisa direalisasikan, mengingat kebutuhan blanko untuk kecamatan yang masih banyak.

“Kecamatan masih kekurangan. Ini masih rencana tapi mudah-mudahan bisa direalisasikan,” harapnya. (une)

Update