Jumat, 29 Maret 2024

Lahan Makam TPU Seitemiang Tinggal Satu Blok

Berita Terkait

Pemakaman umum Sei Temiang.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

batampos.co.id – Yayasan Khairul Umma, pengelolah Taman Pemakaman Umum (TPU) Seitemiang prediksi penerimaan makam baru di TPU Seitemiang hanya bertahan hingga akhir tahun saja, Blok Q. Itu karena lahan pemakam seluas enam hektare sudah terisi semuanya.

Sekretaris Yayasan Khairul Uma Zailani menuturkan, lahan pemakaman yang tersedia tinggal satu blok lagi.

“Itupun blok yang baru ditambahkan dekat pinggiran jalan (Ahmad Dahlan). Separuhnya sudah terisi karena sejak pertengahan tahun kemarin dialihkan ke blok baru itu semua,” ujar Jailani, Minggu (30/9).

Ini kata Jailani, menjadi persoalan serius jika pemerintah kota Batam tidak segera mencari lokasi baru maka sepanjang tahun 2019 mendatang, TPU Seitemiang bisa saja tidak bisa melayami pemakaman baru.

“Sistem sisip sudah tak bisa lagi. Memang kehabisan lahan sekarang,” ujar Jailani.

Sebelumnya pihak pengelolah telah menerapkan solusi jangka pendek yakni menerapkan sistem sisip yang mana, lahan kosong yang menjadi pemisa dari satu blok ke blok yang lain kembali dimanfaatkan untuk kuburan baru. Namun itu tak bisa lagi sebab semua lahan kosong diatas lahan pemakaman itu telah terisi penuh.

Begitu juga dengan rencana penimpahan terhadap makam tua yang tak terusus oleh ahli waris dan juga makam mr dan mrs X belum bisa dilakukan karena pertimbangan sosial lainnya.

Lagian untuk makam tua rata-rata sudah diurus sama ahli warisnya, sementara mr dan mrs x hanya sedikit jadi bukan solusi yang tepat juga untuk ditimpah,” kata Zailani. (eja)

Update