Jumat, 26 April 2024

Ada Usul 3 Oktober Sebagai Hari Anti Hoax

Berita Terkait

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Dok Humas)

x.batampos.co.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil merekomendasikan 3 Oktober sebagai hari anti hoax nasional.

“Saya hanya mengusulkan saja 3 Oktober sebagai hari anti hoax. Karena pengakuan pembuatan hoax terbaik pada 3 Oktober kemarin,” kata Ridwan Kamil di Bandung, Kamis (4/10).

Menurut pemimpin yang akrab disapa Kang Emil, berita pemukulan Ratna Sarumpaet di Bandung merupakan peristiwa luar biasa, kemarin. Karena yang menjadi korbannya itu level-level elit nasional.

“Yang jadi korban level elit-elit nasional dan ini hikmah bahwa kondisi bangsa Indonesia seperti ini mudah dibohongi,” ujarnya.

Berharap kejadian ini bisa menjadi pelajaran. Agar bisa terus diingat maka diusulkan 3 Oktober sebagai hari Anti Hoax nasional.

Selain itu, Kota Bandung sangat dirugikan maka sebagai Gubernur Jawa Barat, dirinya meminta Ratna Sarumpaet meminta maaf kepada warga Bandung. Karena perihal hukum akan ada pihak analisanya.

“Karena warga Jabar khususnya Bandung banyak dirugikan, komplen merasa Bandung jadi tidak aman karena berita bohong itu. Angkasa Pura II Bandara juga rusak dianggap tidak ada pengaman, (militer) AU juga merasa tercoreng seolah-olah kecolongan, itu kan berita bohong. Jadi mengimbau cukup untuk minta maaf,” pungkasnya.

Sebelumnya Ratna Sarumpaet dikabarkan dipukuli oleh orang tidak dikenal di Bandara Husein Sastranegara Bandung pada 21 September 2018 lalu. Namun akhirnya berita tersebut merupakan hoax karena fakta-fakta di lapangan tidak ada dugaan penganiayaan di Bandung. Dilanjut dengan pengakuan Ratna Sarumpaet bahwa berita itu hoax. (ona/jpg)

Update