ilustrasi

x.batampos.co.id – Cuaca panas yang terjadi beberapa hari belakangan ini membuat masyarakat rentan diserang penyakit. Kepala Puskesmas Seilekop, Erizal karena cuaca dan suhu naik, disarankan warga untuk menjaga kesehatan dengan banyak mengonsumsi air putih dan buah-buahan.

“Iya cuaca memang panas. Baiknya jangan minum air es berlebihan juga jangan berlama-lama berada di luar ruangan,” ujar Erizal kepada Batam Pos, Rabu (3/10/2018).

Loading...

Dia mengatakan kondisi cuaca dan suhu yang tinggi menyebabkan tubuh rawan terserang penyakit, salah satu yang paling umum adalah radang tenggorokan, flu hingga ISPA. “Disarankan untuk banyak minum air putih, jangan air es,” katanya.

Selain itu, meningkatnya polusi dan debu juga mengakibatkan pernapasan terganggu. Jika aktivitas banyak dilakukan di luar ruangan, disarankan untuk menggunakan masker. “Saat ini ISPA masih tinggi. Dalam sebulan rata-rata 250 penderita yang berobat di Puskesmas Seilekop,” jelasnya.

Kepala Dinas kesehatan Kota Batam Didi Kusmajardi menyebutkan ada 31.419 ribu penderita ISPA sepanjang Januari-Agustus. Puskesmas yang tertinggi penderita ISPA adalah Sekupang yakni 6.806 penderita. Kemudian Puskesmas Botania menempati urutan kedua yakni 4.325 dan Seilekop yakni 2.993.

“ISPA ini penyebabnya daya tahan tubuh yang melemah, polusi udara yang tidak sehat dan lainnya,” katanya.

Didi menyebutkan, penyakit yang menyerang hidung, trakea (pipa pernapasan), atau paru-paru ini banyak menyerang bayi dan balita. Gejala penyakit ini bervariasi, mulai dari demam, nyeri tenggorokan, pilek dan hidung mampet, batuk kering dan gatal, batuk berdahak dan lainnya. (une)

Loading...