foto: x.batampos.co.id / cecep mulyana

x.batampos.co.id – Satu lagi penganan oleh-oleh yang bisa dibawa dari Batam. Namanya Ketan Talam Durian Batam. Cemilan warisan melayu ini dibuat dari daging durian asli.

“Kami menggunakan murni daging durian, tanpa perasa. Durian yang digunakan yakni durian dari Medan,” ujar pemilik Ketam Talam Durian Batam, Jhoni Ringgo Kamis (4/10).

Joe sapaan akrab Jhoni mengatakan Ketan Talam Durian Batam terinspirasi dari keinginan ia untuk menggangkat makanan yang memang khas melayu.

“Saya ingin menggangkat dan memajukan makanan khas aroma kampung dengan menjadikan oleh-oleh Batam nantinya,” jelasnya.

Joe menjelaskan usaha oleh-oleh ini masih usaha rumahan, dengan produksi sekitar 50 kotak perhari. Usaha rumahan ini diproduksi di Perumahan Villa Mas, Seipanas.

“Harga perkenalan kami Rp 40 ribu, saat ini belum ada toko karena masih usaha rumahan untuk pemesanan diatas 7 box gratis ongkir untuk Bengkong, dan Batamcenter. Masa perkenalan kami menjual masih melalui medsos intagram dan facebook,” terangnya.

Adapun komposisi dari oleh-oleh tersebut seperti durian asli, telur, beras pulut, santan dan tepung beras.

“Ketan talam durian ini tanpa bahan pengawet, bisa disimpan satu hari untuk suhu ruangan dan bisa bertahan tiga hari didalam lemari pendingin,” sebutnya.

Bagi yang penasaran mencicipi makanan khas melayu ini, Anda bisa kunjungi pameran Ketan Talam Durian Batam di Nagoya Hill Mall Jumat (5/10) dan Sabtu (6/10). (ocu)