Rabu, 24 April 2024

Batam Mewakili Kepri Mengikuti Gala Siswa Indonesia Nasional

Berita Terkait

batampos.co.id – Batam mewakili Provinsi Kepri mengikuti Gala Siswa Indonesia (GSI) turnamen Sepakbola SMP level nasional yang digelar di Jakarta, Selasa (9/10). Peserta GSI dari Batam terdiri dari siswa-siwa SMP dari 10 sekolah, yang telah menjalani seleksi tingkat Kota.

“Hari ini (8/10) kami berangkatkan sebanyak 22 orang anak,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan, Senin (8/10/2018).

Ia mengatakan GSI ini telah bergulir sejak Maret lalu, dimulai dari tingkat kecamatan, lalu kota. Di tingkat kota, Dinas Pendidikan menyeleksi pemain-pemain terbaik, yang akan mewakili Kota Batam mengikuti GSI tingkat Provinsi.

“Anak-anak ini telah bermain melawan tim dari kabupaten dan kota lainnya di Kepri. Mereka menang dan berhak mewakili Kepri melaju di GSI nasional,” ucapnya.

GSI tingkat nasional dibagi beberapa grup. Nantinya, kata Hendri Kota Batam sebagai perwakilan Kepri satu grup dengan Sulawesi Barat, Bali dan Jawa Tengah. “Harapan kami yah menang,” ujarnya.

Namun, tidak hanya kemenangan saja yang ingin diraih Hendri. Ia mengatakan GSI ini sebagai ajang untuk penguatan dan pembinaan karakter bagi anak-anak SMP. “GSi juga dapat menyalurkan bakat-bakat mereka,” ungkapnya.

Salah satu pesan penting yang disampaikan Hendri ke 22 anak-anak yang mewakili Kepri itu adalah jaga sprotivitas. “Kalah menang biasa dalam pertandingan. Namun tetap bermain jujur,” ucapnya.

Gala Siswa Indonesia merupakan turnamen yang digelar oleh kementrian pendidikan. Pertandingan ini dimulai dari babak penyisihan tingkat kecamatan, kota, lalu provinsi. Setelah itu baru turnamen untuk tingkat nasional.

GSI sebagai wadah siswa mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui olahraga. GSI ini terselenggara atas kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).(ska)

Update