Kamis, 25 April 2024

Realisasi PBB-P2 Kota Batam Capai 80 Persen

Berita Terkait

Loket bayar PBB

batampos.co.id – Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam Raja Azmansyah menyebutkan pencapaian Pajak Bumi Bangunan Pekotaan Perdesaan (PBB-P2) terus menujukan tren positif. Hingga akhir September 2018 lalu, pencapaian PBB-P2 menyentuh angka Rp 126,7 miliar dari target Rp 158,5 miliar.

“Realisasinya hampir 80 persen. Harapan kita PBB-P2 tercapai sesuai target,” kata Raja, Selasa (9/10).

Meningkatnya PBB-P2 ini tidak lepas dari penagihan aktif yang dilakukan BP2RD. Salah satunya dengan membuka konter penerimaan pembayaran PBB-P2 di sejumlah titik di kota Batam. Masyarakat Batam tidak perlu lagi datang ke BP2RD, cukup membayar di beberapa pasar seperti Penuin, SP Plaza, Tiban Centre, dan Mitra Raya.

“Pembayaran di pasar sudah selesai dan kita agendakan lagi di tahun depan,” ucap Raja.

Selain lokasi-lokasi ini, pembayaran juga bisa langsung dilakukan secara online atau via bank seperti Bank Riau Kepri, BTN, BRI, BJB serta beberapa agen brilink, terutama bagin masyarakat yang berada di pulau pulau.

“Kita terus lakukan penagihan aktif, baik langsung di bank, via ATM atau mobile bangking,” lanjutnya.

Tren positif pencapaian target pajak juga terlihat pada pajak reklame. Pajak yang ditargetkan Rp 6,9 miliar tersebut terealisasi 109,94 persen atau sebesar Rp 7,58 miliar. Kondisi yang sama juga terlihat pada Retribusi pelayanan kepelabuhan yang ditargetkan Rp 159,5 juta, tercapai Rp 193,35 juta atau 121,23 persen.

Sementara untuk pajak hotel dan restoran masing terealisasi 70 dan 78 persen. Hal serupa juga terlihat pada pajak hiburan yakni sebesar 81,9 persen. Pajak parkir 71 persen dan pajak penerangan jalan umum 62,1 persen. (iza)

Update