batampos.co.id – Dalam mengamankan pesta demokrasi tahun 2019 mendatang, Polresta Barelang melaksanakan Apel Konsolidasi Linmas se-Kota Batam di halaman Polresta Barelang, Rabu (10/10) kemarin. Dalam apel itu, Kapolresta Barelang Kombes Hengki mengecek seluruh persiapan Linmas dalam membantu tugas kepolisian nantinya.

“Dimana, anggota Linmas di seluruh Kota Batam ini kita perlukan dan kita butuhkan dalam pengamanan pesta demokrasi Pemilihan Legislatif, Presiden dan Wakil Presiden 2019 nanti. Terutama di bulan April, pada saat pengamanan di TPS,” ujarnya.

Dikatakannya, ribuan personel dari Polri, TNI, Linmas maupun dari instansi lainnya itu akan mengamankan sebanyak 2923 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 Kecamatan di Kota Batam. Dimana, dalam pengamanan itu Polresta Barelang mengerahkan personel sebanyak sebanyak 1029 orang dan dibantu dengan Polda Kepri.

“Dari personel Polri yang sudah ada saat ini, tentu saja kita tidak cukup dalam melakukan pengamanan. Namun dengan adanya Linmas ini sangat kita perlukan dan kita butuhkan sebanyak 5.983 orang,” tuturnya.

Dalam apel yang dilaksanakan kemarin, baru 1/3 dari jumlah anggota Linmas yang hadir. Terhadap anggota Linmas yang hadir itu, polisi melakukan pengecekan kesiapan mereka masing-masing dalam pengamanan nanti. Baik itu kesehatan fisik, sarana dan pra sarana hingga pakaian yang akan mereka kenakan saat pemungutan suara nanti.

“Perannya membantu aparat kepolisian dalam mengamankan di TPS. Baik di tempat pemungutan suara aman, rawan satu maupun rawan dua, serta TPS khusus. Sehingga dapat membantu tugas polisi,” bebernya.

Untuk penempatan anggota di temat pemungutan suata nantinya akan disesuaikan. Misalnya, untuk tempat pemungutan suara aman tentunya akan ditempatkan hanya beberapa anggota saja. Sementara untuk tempat pemungutan suara rawan satu maupun rawan dua, akan diperketat dengan penambahan jumlah anggota.

“Kalau namanya TPS aman itu jarak tempuhnya dekat dan ada kriterianya. Kalau yang rawan polisinya diperbanyak dan Linmasnya pun diperbanyak. Nanti dalam waktu dekat ini akan ada pelatihan pengamanan yang ada. Hari ini saya melakukan pengecekan dulu,” imbuhnya. (gie)

Advertisement
loading...