Jumat, 29 Maret 2024

Awal 2019, Pasar Seibeduk Beroperasi

Berita Terkait

batampos.co.id – Pasar yang dibangun oleh Kementrian Perdagangan (Kemendag) di Buana Garden, Seibeduk akan beroperasi awal tahun 2019 mendatang. Kini pembangunan pasar ini terus digesa.

“Sudah 35 persen, sedang pengerjaan tiang. Mudah-mudahan tak lama lagi atapnya datang,” kata Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Zulkarnain, Kamis (11/10).

Merujuk pada progres tersebut, ia menilai pembangunan akan selesai Desember mendatang. Dengan demikian, pasar tersebut akan beroperasi awal 2019 mendatang.

“Mudah-mudahan tidak ada halangan dan kondisi terus mendukung,” ucapnya.

Pasar ini diberi nama Pasar Melayu Serumpun, Zulkarnain menyebutkan pemberian nama ini oleh Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad.

“Dibiayai APBN, sebesar Rp 5,5 miliar,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya akan membentuk tim yang bertugas menyeleksi calon pedagang. Targetnya pedagang kelak yakni diambil dari Pedagang Kaki Lima (PKL), agar mereka tidak lagi berjualan di pinggir jalan dan menganggu lalulintas. Lagipula berjualan dipinggir jalan beresiko juga bagi para PKL tersebut.

“Tim ada dari kecamatan dan kelurahan juga,” imbuhnya.

Menurutnya para PKL tak ada lagi alasan untuk tidak pindah jika telah ditunjuk oleh pemerintah. PKL-PKL seperti yang ad di bilangan Puriagung. Di lokasi ini jug ada pasar kaget yang berdiri diatas sebagian ruang jalan.

“Tak ada lagi alasan tak mau pindah. Daya tampung pasar itu untuk 200 pedagang,” pungkasnya. (iza)

Update