Jumat, 19 April 2024

Bangun Kepribadian Napi Anak Lewat Kegiatan Keagamaan

Berita Terkait

Sejumlah anak binaan di LKPA Baloi mengikuti acara kerohanian di masjid LKPA, Kamis (11/10) lalu.

batampos.co.id – Anak Binaan di LPKA Baloi Batam dalam seminggu terakhir diwajibkan mengikuti acara kerohanian setiap hari. Ini untuk membentuk akhlak dan kepribadian dari setiap anak sehingga kelak sudah bebas dari penjara, maka anak tidak akan pernah lagi masuk ke dalam lapas.

“Jadi kebetulan bertepatan dengan hari dharmakarya Dhika, jadi kita membuat pembinaan melalui ibadah baik muslim maupun nasrani,” ujar kepala LKPA anak Novriadi melalui Kasi Pembinaan Ady Purwata, Kamis (11/10).

Ady mengatakan, LKPA sudah bekerjasama dengan beberapa majlis taklim dan gereja yang ada di Batam. Di mana bisa bergantian memberikan pemahaman kepada setiap anak.

“Memang anak sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Dan ini memang rutin kita lakukan setiap minggu. Tetapi di minggu ini, kita lakukan tiap hari,” ujarnya.

Selain itu, kepada anak juga diberikan pembinaan kemandirian dan kejar paket A,B, dan C. Selain itu ketrampilan anak juga terus diasah khususnya untuk membuat kerajinan tangan.

“Kita berharap, meski anak-anak ini di dalam (LKPA,red) tetapi hak mereka untuk mendapatkan pendidikan tidak terabaikan. Mereka terus kita didik agar punya masa depan nantinya,” tambahnya.

Selain itu, di tanah-tanah yang kosong, para napi anak ini juga dibina untuk bercocok tanam. Ini juga dinilai penting untuk kesehatan si anak itu sendiri.

“Kalau bercocok tanam ini bukan untuk orientasi penjualan. Tetapi lebih ke kesehatan. Hasilnya di konsumsi bersama kok,” ujarnya.

Saat ini ada sekitar 47 anak yang dibina di LKPA. Sebagian besar adalah anak yang bermasalah dengan kasus pencurian dan tindakan asusila. (ian)

Update