batampos.co.id – Sebanyak 5.098 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) akan bersaing berebut 363 formasi yang disediakan Pemerintah Kota Batam, tahun ini.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Batam, M. Syahir mengatakan jumlah pelamar bisa saja bertambah seiring masih dibukanya pendaftaran hingga 15 Oktober mendatang.

“Ini data hingga 12 Oktober kemarin. Masih ada tiga hari lagi untuk pelamar yang ingin mendaftar,” sebutnya, Sabtu (13/10).

Ia merinci dari total pelamar 5.098 tersebut, sebanyak 2.961 mendaftar sebagai tenaga pendidikan di lingkungan Dinas Pendidikan, 1.488 mendaftar sebagai tenaga medis dan 649 pelamar lainnya mendaftar untuk menjadi tenaga teknis Pemerintah Kota Batam.

“Disdik paling banyak diserbu pelamar. Kuota 204 yang mendaftar sampai 2.961 pelamar,” sebutnya.

Syahir mengungkapkan untuk memverifikator para pelamar ini, pihaknya juga melibatkan tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membuka CPNS.

“Ada empat orang dari Dinkes, delapan dari BKPSDM dan ada juga yang dari Disdik,” ucapnya.

Selama proses verifikasi berkas, pihaknya menemukan beberapa hal diantaranya surat permohonan yang harusnya ditujukan kepada Wali Kota Batam mereka membuat ke BKPSDM, ada juga Indek Prestasi Kumulatif (IPK) yang tidak memenuhi syarat. Karena untuk anak tempatan minimal IPK 2,50 dan nasional IPK 3.00.

“Ada juga akreditasi kampus yang belum tidak memenuhi syarat. Karena minimal akreditasi harus B,” imbuh pria 59 tahun ini.

Sahir menambahkan hal saat ini pihaknya juga meminta Kementertian Aparatur Sipil Negara, Reformasi dan Birokrasi terkait pelaksanaan tes tetap mmenggunakan Computer Assisted Test (CAT).

“Karena ada perubahan tes akan menggunakan sistem UNBK. Jadi kami minta tetap pakai CAT karena kalau pakai sistem baru butuh waktu lagi untuk sosialisasi. Sedangkan pelamar sudah akrab dengan CAT,” bebernya.

Terkait tempat pelaksanaan tes CPNS nanti ada dua lokasi yang akan digunakan. Pertama lantai tiga gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) dan Kantor BKN Regional 12 Pekanbaru UPT Batamcenter. “Untuk fasilitas disiapkan dari BKN baik itu jaringan maupun fasilitas komputer,” tutup Syahir.(yui)

Advertisement
loading...