Iklan
Seluruh pemain SSB Citramas beserta ofisial, pelatih dan orangtua siswa saat persiapan jelang laga persahabatan melawat ke Singapura melawan Kaki Bukit Sport Club, di Stadion Gelora Citramas, Jumat (21/9/2018). F. Ryan Agung/Batam Pos

batampos.co.id – Sekolah Sepak Bola (SSB) Citramas menggelar turnamen bertajuk 3rd Anniversary SSB Citramas, yang akan di gelar di Gelora Citramas, Sabtu (20/10) hingga Minggu (21/10). Turnamen yang digelar dalam rangka peringatan hari jadi SSB Citramas ini diikuti sebanyak 10 SSB di Batam dan Kepri.

Chairman SSB Citramas Francis Wong mengatakan turnamen ini diselenggarakan secara rutin setiap tahunnya. Dan untuk kali ini menginjak tahun penyelenggaraan yang ketiga.

“Seperti biasa, turnamen tahun ini dibagi menjadi dua kategori. Yakni kategori U-10 dan U-12. Masing-masing kategori akan diikuti sebanyak 10 SSB. Sembilan SSB berasal dari Batam dan satu SSB dari Karimun,” ujar Francis Wong saat technical meeting di Gelora Citramas, Sabtu (13/10).

Selain itu, Francis juga menjelaskan jika turnamen ini menggunakan format setengah kompetisi. Dimana hanya juara dan runner up grup yang akan melaju ke babak selanjutnya.

“Total nanti akan ada 48 pertandingan hingga ke babak final. Sponsor sangat antusias dengan event yang diselenggarakan secara rutin oleh SSB Citramas. Apalagi dari tahun ke tahun, event ini sangat ditunggu oleh SSB yang ada di Batam dan Kepri,” jelasnya.

Pemenang dalam turnamen ini, lanjut Francis, mendapat trofi, medali, piagam, dan uang pembinaan.

“Untuk masing-masing kelompok umur, juara pertama mendapat uang pembinaan sebesar Rp 2,5 juta. Sedang juara dua mendapat Rp 1,5 juta, dan peringkat tiga mendapat Rp 1 juta,” papar Francis.

“Tak hanya itu, baik top skor dan pemain terbaik untuk masing-masing kelompok umur juga akan diberikan hadiah tersendiri,” tambahnya.

Francis berharap turnamen ini bisa berjalan dengan lancar dan meriah. Apalagi penyelenggaraannya sudah memasuki tahun ketiga. “Kami berharap semua pihak bisa membantu terselenggaranya event ini. Turnamen tahun ini diselenggarakan dengan harapan bisa menjadi lebih baik dan lebih meriah,” harapnya.

Sedang Ketua panitia penyelenggara Zubaili mengatakan jika untuk U-10 durasi pertandingan adalah 2×12 menit. Sedang untuk U-12 durasi pertandingan adalah 2×15 menit.

“Untuk babak semifinal dan final, durasi pertandingan untuk U-10 adalah 2×15 menit. Sedang untuk U-12 untuk babak semifinal dan final durasi pertandingannya adalah 2×20 menit. Dan yang boleh bermain untuk U-10 adalah pemain kelahiran paling lambat 1 Januari 2008. Untuk U-12 untuk diperuntukkan bagi pemain kelahiran paling lambat 1 Januari 2006,” paparnya.

Zubaili menegaskan jika masing-masing tim berisikan 12 pemain dan dua orang ofisial. “Sedang yang bermain dalam satu pertandingan adalah tujuh orang dengan lima orang pemain cadangan. Untuk pergantian tidak dibatasi, masing-masing tim bisa menggunakan jatah pemain cadangan yang ada,” tutur Zubaili.

Seperti halnya penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya, turnamen ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Kepri Nurdin Basirun. Selain itu, untuk semakin menyemarakkan turnamen, juga akan diundi beberapa lucky draw.

“Bagi tim yang lolos ke babak semifinal akan diundi untuk mendapatkan satu paket footgolf masing-masing satu paket per kelompok umur. Jadi tim yang lolos ke semifinal akan diundi untuk mendapatkan lucky draw. Masing-masing satu paket per kelompok umur,” serunya.

Selain itu, Zubaili juga mengatakan untuk tim pemenang, anggota timnya juga akan diundi untuk mendapatkan hadiah tambahan. “Pemenang lucky draw akan mendapatkan paket satu malam menginap di Turi Beach Hotel,” tambah Zubaili.

Untuk U-10, Grup A diisi oleh SSB Ulil Albab, SSB Bida Taruna, SSB Blue Eagle, SSB Bintang Muda Junior, dan SSB Citramas. Sementara untuk Grup B diisi oleh SSB Bermuda, SSB HNSS, SSB Progress Plus, SSB Citramas Blue, dan SSB Tunas Bahari Karimun.

Grup A U-12 diisi oleh SSB Blue Eagle, SSB Citramas Blue, SSB HNSS, SSB Bida Taruna, dan SSB Bermuda. Sedang Grup B diisi oleh SSB Bintang Muda Junior, SSB Progress Plus, SSB Citramas, SSB Ulil Albab, dan SSB Karimun Junior.

“Baik untuk U-10 pertandingan akan dimulai pukul 08.00 WIB. Sedang U-12 pertandingan akan dimulai pukul 07.30 WIB. Tetapi tim sudah harus hadir di Gelora Citramas sebelum jadwal bertanding lantaran harus melalui proses screening terlebih dahulu,” jelas Zubaili.

Zubaili berharap semua tim bisa hadir sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan. “Pertandingan penyisihan akan berjalan secara maraton di hari pertama penyelenggaraan. Karenanya semua tim wajib mematuhi schedule yang telah ditetapkan,” tegas Zubaili.

“Untuk babak semifinal dan final akan dilaksanakan mulai Minggu (21/10). Semoga semua tim bertanding dengan semangat sportifitas. Tunjukkan kemampuan terbaik, raih prestasi tertinggi,” tutup Zubaili.(yan)