Jumat, 19 April 2024

Empat Juta Orang Daftar CPNS

Berita Terkait

x.batampos.co.id – Badan Kepegawaian Negara (BKN) memastikan tidak akan ada perpanjangan waktu pendaftaran CPNS yang akan resmi ditutup hari ini, Senin (15/10) sebelum pukul 24.00 WIB. Rekapitulasi terbaru dari BKN, jumlah pembuatan akun pendaftaran CPNS baru mencapai 4.349.780 orang.

Namun dari empat juta lebih masyarakat yang sudah membuat akun pendaftaran CPNS tersebut, belum semuanya menyelesaikan pendaftaran CPNS baru. Hingga pukul 17.10 WIB kemarin, jumlah pelamar yang sudah menuntaskan proses pendaftarn mencapai 3.213.015 orang. Dengan demikian ada satu jutaan orang yang sudah membuat akun, tetapi belum menuntaskan proses pendaftaran.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menjelaskan, semua calon pelamar yang telah membuat akun harus menuntaskan pendaftaran hari ini. Kata dia, tidak ada toleransi perpanjangan waktu bagi siapapun, termasuk yang telah bikin akun pendaftaran CPNS.

Ridwan kemudian menjelaskan tahapan berikutnya setelah penutupan masa pendaftaran. Dia mengatakan proses seleksi administrasi berlangsung sejak 28 September sampai 20 Oktober. Sehingga pada masa pendaftaran, secara pararel panitia juga melakukan seleksi administrasi bagi pendaftar yang sudah menyelesaikan proses pendaftarannya.

Lalu pengumuman hasil seleksi administrasi dijadwalkan dilakukan pada 21 Oktober. Dia menjelaskan hasil seleksi administrasi CPNS 2018 diumumkan di website sscn.bkn.go.id.

’’Selain disampaikan di website dan media sosial masing-masing instansi,’’ katanya. Kalau pun sebelum 21 Oktober sudah ada instansi yang menyelesaikan proses seleksi administrasi, bisa langsung mengumkannya.

Tahapan berikutnya setelah seleksi administrasi adalah seleksi kompetensi dasar (SDK). Rencananya SKD yang dilakuan berbasis komputer itu digelar pada rentang 26 Oktober sampai 17 November. Setelah itu pelaksanaan seleksi kompetensi bidang (SKB) digelar pada 22-28 November.

Pengumuman akhir seleksi CPNS 2018 dilaksanakan pada 3 Desember. Kemudian jadwal pemberkasan untuk pengurusan nomor induk pegawai (NIP) belum ditetapkan sampai saat ini.

Ridwan juga menyampaikan layanan helpdesk pendaftaran CPNS secara online melalui website helpdesk.bkn.go.id/sscn/ ditutup tadi malam pukul 23.59 WIB. Selain itu mulai hari ini (15/10) kantor BKN pusat maupun kantor regional BKN tidak lagi menerima layanan konsultasi pendaftaran CPNS.

(lyn/wan/JPG)

Update