Jumat, 19 April 2024

Jaring Industri Kreatif Melalui Kegiatan Kreatif

Berita Terkait

Walikota Batam Muhammad Rudi didamping Ketua Penggerak PKK Kota Batam Marlin Agustina Rudi, bersama Penasehat International Business Association Sri Sudarsono Ketua Dewan Pimpinan Cabang IBA Batam, Shan Shan membuka acara Dare to Step Forward yang digelar oleh International Business Association (IBA) Nagoya Citywalk Batam, Minggu (14/10). F Cecep Mulyana/Batam Pos

x.batampos.co.id – International Business Association (IBA) atau perkumpulan pengusaha internasional menggelar kegiatan bertemakan Dare to Step Forward di Nagoya Citywalk Batam, Minggu (14/10) pagi.

Kegiatan yang bertemakan industri kreatif yang digagas IBA ini merupakan langkah IBA untuk menonjolkan atau mengakomodir para pelaku industri kreatif di Batam serta para pemuda di Batam untuk berkreasi melalui kegiatan Dare to Step Forward ini.

“Kegiatan ini kami isi dengan beragam kompetisi seperti kompetisi dansa, menyanyi serta mural frafiti bertema I Draw Future dengan total hadiah yang kami siapkan mencapai Rp 150 juta bagi para pemenang yang didominasi para kawula muda dan remaja ini nantinya,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Cabang IBA Batam, Shan Shan.

Kegiatan ini diikuti ratusan peserta para kawula muda-mudi se-Batam. Shan Shan berharap digelarnya kegiatan yang merangsang untuk membangkitkan industri kreatif di Batam ini, dapat meningkatkan semangat para partisipan, agar lebih berani dalam berkreasi dengan buah kreativitasnya dan berkarya di industri kreatif. Sehingga nantinya akan mampu mendorong realisasi pertumbuhan ekonomi kreatif di Batam.

Pada kegiatan ekonomi kreatif yang digagas IBA ini dihadiri beberapa tokoh masyarakat Batam seperti Sri Soedarsono, Walikota Batam, M Rudi beserta istri, serta beberapa pengusaha.

Di hadapan para peserta kawula muda Batam, Rudi mengaku bangga dengan kegiatan kreativitas ini.

“Batam harus bisa bangkit dan mampu menghidupkan industri kreatif dari para kawula mudanya. Begitu juga pengusaha yang tergabung dalam IBA, saya selaku Walikota Batam siap untuk memberikan pelayanan yang maksimal, utamanya dalam perizinan usaha. Kalau ada pengusaha yang dipersulit urus izin usaha, langsung saja lapor saya. Saya sendiri yang akan turun membantu pengusaha untuk mendapatkan perizinan itu. Saya pasang badan untuk itu,” ujar Rudi yang langsung disambut aplause dari para tamu undangan yang hadir dari berbagai pengusaha di segala sektor.

Sedangkan tokoh masyarakat, Sri Soedarsono yang juga ditunjuk menjadi penasihat IBA Batam mengaku bangga dan sangat mendukung sekali kompetisi atau kegiatan kreativitas yang digagas IBA.

“Ini merupakah wadah positif bagi kawula muda di Batam untuk menyalurkan bakat dan kemampuan kreasinya, mereka mampu mengimplementasikan buah kreativitasnya yang nantinya bisa dijadikan bekal untuk membesarkan dan mewujudkan kreativitasnya,” ujar Sri Soedarsono.

IBA sendiri didirikan pertama kalinya oleh pengusaha Batam, Tjan Tjaw Hua yang berkantor pusat di Bintan. Selain cabang Batam dan Jakarta, IBA akan membuka cabang di seluruh Provinsi di Indonesia dan perwakilan di negara-negara Asean.

IBA saat ini didukung dewan pengawas dan penasihat dari kalangan pengusaha Batam di berbagai sektor industri dan usaha serta pejabat pemerintah Batam, agar dapat membian anggota asosiasi untuk menjadi lebih sukses hingga menembus level internasional.

IBA jaringannya tersebar di Asia seperti di Vietnam, Myanmar, Philipina, Taiwan, Malaysia dan Singapura. Di Taiwan ada 95 asosiasi pengusaha yang sudah bergabung ke IBA dan 2.500 anggota.

Tujuan IBA di Indonesia untuk menjaring para pengusaha agar bisa bergabung ke jaringan pengusaha internasional. Saat ini terdapat 300 agngota IBA dari pengusaha.

Sementara Khairil Wira, salah satu founder IBA di Jakarta mengatakan, tujuan dibentuknya IBA untuk mempersatukan asosiasi pengusaha dan menghubungkan ke jaringan pengusaha internasional.

“Kami membuat IBA di Indonesia bertujuan untuk menjaring para pengusaha agar bisa bergabung ke jaringan pengusaha internasional. Ada 300 anggota para pengusaha yang akan bergabung di member IBA,” ujar Wira mengakhiri. (gas)

Update