Rabu, 24 April 2024

Usulan Anggota DPRD Batam; Kembangkan Objek Wisata di Pulau

Berita Terkait

batampos.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Batam, Suhardi Tahirek menilai banyak objek wisata di hinterland Batam belum tersentuh pemerintah. Padahal objek wisata ini diyakini mampu mengenjot sektor pariwisata, sekaligus meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Batam.

“Berbicara lokasi wisata, di hinterland banyak objek wisata yang bisa kita kembangkan. Dilihat dari nilai potensinya juga cukup luar biasa,” kata Suhardi, Minggu (14/10).

Suhardi mengatakan masih banyak destinasi yang belum diketahui khalayak umum. Jembatan 3, 4, 5, misalnya, banyak sekali pulau wisata. Ada yang namanya pulau penyabung. Sejarahnya lanjut dia, di sana dulunya pulau tersebut dipakai sebagai arena pertarungan sampai mati.

“Makanya diberi nama Pulau Penyabung. Kita tanya warga Batam pasti banyak yang tak tahu. Makanya promosi diperlukan agar penikmat wisata bisa menjelajah seluruh Batam,” katanya.

Pria asli pulau itu juga mengakui jika di Pulau Galang ada kampung Aceh. Disana juga banyak ditemukan makam masyarakat Aceh dan sumur tua peninggalan Belanda. Makam dan sumur tua ini diyakini telah berumur ratusan tahun serta memiliki nilai sejarah yang tinggi.

Destinasi-destinasi ini diyakini mampu menarik wisatawan bila dikelola dengan baik. Hal ini terbukti dari beberapa kali wisatawan asing yang datang ke sana, merasa puas dan ingin kembali lagi.

Turis Singapura mengunjungi Pulau Ranoh, Kelurahan Pulau Abang, Galang.
F Dalil Harahap/Batam Pos

“Mengapa tidak kita manfaatkan. Kemarin ada warga Australia 20an orang kesini. Mereka senang dan ini kesempatan mengembangkan pariwisata daerah,” katanya.

Suhardi mengharapkan ada action pemerintah dalam mengembangkan pariwisata di Batam. Selain mainland sebagai wisata modern, pemerintah juga harus melihat hinterland sebagai wisata bahari dan sejarah. Dua hal ini jadi kunci penting mengembangkan wisata di Batam.

“Kita bisa belajar dari Bali, mereka berhasil mngembangkan destinasi wisata budaya. Batam juga bisa seperti itu,” jelasnya. (rng)

Update