Sabtu, 20 April 2024

Waspada Cuaca Buruk Saat Berlayar

Berita Terkait

batampos.co.id – Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KPPP), AKP Reza Tarigan mengatakan bahwa untuk meningkatkan kewaspadaan cuaca buruk di perairan Batam, pihaknya sudah mengimbau pihak pengelola jasa transportasi laut antar pulau untuk berhati-hati dalam mengangkut penumpang.

“Kami sudah berkoodinasi dengan kapal tujuan antar pulau, tujuan Dumai, Tanjungpinang dan Karimun dari seluruh Pelabuhan agar lebih berhati-hati,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Reza, untuk mewaspadai datangnya cuaca buruk yang seketika saja bisa terjadi, pihaknya tetap mengacu pada imbauan yang dirilis BMKG Batam yang setiap harinya selalu mengupdate kondisi cuaca.

Kendati demikian, hingga kini arus transportasi laut dari beberapa Pelabuhan di Batam masih berlangsung lancar dan kondusif. Namun, jika sewaktu-waktu cuaca berubah dan jarak pandang semakin minim, maka pihaknya meminta kepada pengelola jasa transportasi laut melakukan penundaan pemberangkatan.

“Kita akan terus imbau kepada pengelola jasa transportasi laut untuk lebih mengutamakan keselamatan penumpang. Kita tidak ingin adanya korban akibat cuaca yang buruk dalam beberapa hari ini,” tuturnya.

Tak hanya itu, tambahnya, Polsek KPPP juga mengimbau bagi pengelola transportasi laut, jika di tengah perjalanan terjadi cuaca buruk, maka disarankan untuk menempuh jalur yang aman. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan penumpang hingga sampai ke daerah tujuan.

“Kami sudah berkoordinasi. Antisipasi kalau di tengah perjalanan mengalami kondisi cuaca buruk, maka disarankan untuk cari jalur yang aman,” imbuhnya. (gie)

Update