Jumat, 29 Maret 2024

Yangkate Berharap Bantuan Rumah

Berita Terkait

x.batampos.co.id – Yangkate wanita tua berumur, 60 tahun berharap mendapatkan program rehab rumah tak layak huni. Saat ini Yankate tinggal berdua bersama cucunya di Dusun II Kampung Boyan, Desa Batu Berdaun.

Harapan ini cukup besar, apalagi rumahnya sudah didata oleh petugas Desa Batu Berdaun beberapa waktu lalu. Namun sayangnya hingga akhir tahun bantuan tak kunjung didapat.

“Semua data, baik kepemilikan rumah dan tanah rumah ini sudah jelas dan ini milik pribadi Yangkate,” ujar Nenek tersebut.

Kondisi rumah Yangkate cukup memprihatinkan. Selain dinding papan yang mulai keropos, atap rumah milik janda tua itu juga sudah bocor. Namun Yangkate tidak dapat berbuat banyak karena tidak kuat lagi mencari uang, memperbaiki rumah tuanya.

Dikatakannya petugas desa yang datang mendata bahkan tidak hanya pada tahun ini saja, bahkan sejak program RTLH dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BPSP) tak juga didapatnya.
Program bantuan itu hanya menyentuh segelintir warga di Desa itu.

Sementara itu, Abdul Kadir salah seorang tetangga Yangkate mengaku kecewa dengan kinerja petugas desa yang disinyalir mengutamakan kepentingan segelintir petugas desa saja. Bahkan dia mengaku pendataan bantuan BSPS dinilai menguntungkan orang-orang tertentu saja.

“Rumah ini (rumah Yangkate, red) sudah sejak tahun 2015 didata terus menerus tapi hingga saat ini tidak juga mendapat bantuan,” kata Abdul Kadir. (wsa)

Update