Sabtu, 20 April 2024

Saat Petir Menyambar Jangan Lakukan …

Berita Terkait

Cuaca diselimuti awan mendung menyelimuti kawasan Batamcenter dan sekitarnya.
Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Petugas Stasiun Meteorologi Hang Nadim mengungkapkan masyarakat dapat membedakan awan yang mengandung petir atau tidak. “Dapat terlihat secara kasat mata,” kata Kasi Datin Stamet Hang Nadim, Suratman, Senin (15/10).

Perbedaan awan mengandung petir atau tidak ini, dapat dilihat dari bentuknya. Ia mengatakan awan mengandung petir bentuknya tinggi, besar dan bergulung-gulung.

“Kami menyebutnya awan cumulus nimbus. Tidak hanya membawa hujan dan angin kencang. Tapi juga bermuatan petir,” ungkapnya.

Apabila masyarakat melihat awan seperti ini, Suratman berharap agar masyarakat segara masuk ke dalam rumah atau gedung.

Saat petir menyambar, jangan bermain ponsel, nge-charge ponsel, atau menghidupkan peralatan elekronik seperti Tv,” ucapnya.

Selain itu, masyarakat diharapkan tidak berada di lapangan. Karena petir akan menyambar objek yang paling tinggi. “Pokoknya saat petir, segera masuk rumah atau bangunan,” ucapnya.

Hingga kini, ia mengatakan belum ada yang memprediksi kapan terjadinya. Karena pembentukan awan yang membawa petir, hanya membutuhkan waktu setengah jam saja. “Kalau hujan, satu atau dua hari sebelumnya bisa diprediksi. Kalau petir munculnya tiba-tiba,” tuturnya.

Apakah awan kecil dan tipis mengandung petir juga? Suratman mengatakan awan tersebut tidak berpotensi mengandung petir, namun bisa menimbulkan hujan. Apabila awan ini berkumpul dalam jumlah banyak, dapat menimbulkan hujan dengan intensitas rendah dalam waktu lama. “Kadang merasa hujannya awet (gerimis), awan inilah,” katanya.

Kasus orang tersambar petir, terjadi lagi Sabtu (13/10) lalu. Rangga, anak berusia 12 tahun di Batubesar,Nongsa tewas setelah tersambar petir.Ketika itu Rangga tidak sendirian, ia sedang bersama empat orang temannya. Dua orang temannya pingsan seketika itu juga. Sedangkan dua lainnya tidak terkena sambaran petir. Saat kejadian Rangga berdiri sedikit jauh dari kawan-kawannya. Dan diduga petir menyambar tak jauh dari tempat Rangga berteduh. (ska)

Update