Rabu, 17 April 2024

SMK Kartini Jadi Pemenang Utama Lomba ESDM

Berita Terkait

ki-ka: Rangga, Febriana, Vito, dan Hugo (bawah) menunjukkan sertifikat dan penghargaan yang diterima dari Kementerian ESDM RI sebagai pemenang utama lomba video hemat energi, di SMK Kartini, Senin (15/10). F. Febby Anggieta Pratiwi/Batam Pos

batampos.co.id – SMK Kartini kembali menoreh prestasi. Kali ini, prestasi itu didapatkan melalui lomba video yang diselenggarakan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI, dalam mengkampanyekan aksi hemat energi.

“Pencapaian yang luar biasa karena SMK Kartini menjadi pemenang utama lomba yang terbuka umum tersebut,” kata guru pembimbing Ekskul Sinematografi dan Fotografi SMK Kartini, Febriana Garniz Kusumo, Senin (15/10).

Mengangkat judul ‘Mengejar Waktu’, ia yang sekaligus menjadi pembina tim dalam pembuatan video lomba itu, mampu bersaing dengan 50an peserta lainnya yang berasal dari berbagai kalangan. “Prosesnya lebih kurang dalam waktu seminggu dan pengambilan video hanya dalam sehari,” terangnya.

Tim yang dimaksud terdiri dari Vito Aurelio Hermawan sebagai produser dan juru kamera, M.Rangga Azvin Pangestu sebagai pemeran, Hugo Santana sebagai director of photography (DOP) dan editor, serta Crisna Vieri Prawira sebagai juru kamera. “Pengambilan gambar dilakukan di Nongsa dengan peralatan bermodalkan kamera DSLR dan mic,” sebut Vito, yang juga menjadi ketua tim.

Ketua Ekskul Sinematografi dan Fotografi SMK Kartini itu menjelaskan, dalam video berdurasi satu menit tersebut berisikan pesan untuk disiplin melakukan penghematan energi yang dimulai dari hal kecil, guna mencapai keberhasilan yang besar.

“Dikonsep dengan seorang anak yang disiplin mematikan listrik ketika tidak terpakai, mencabut colokan saat tidak dipergunakan, dan memilih produk berlabel hemat energi. Berkat kedisiplinannya itu, ia mampu menyelesaikan latihan balap motor dengan waktu yang tepat,” papar Vito yang didampingi Hugo dan Rangga.

Pencapaian ini, lanjut Hugo, menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi SMK Kartini. “Karena tim pesaing kebanyakan dari universitas dan pihak-pihak yang memang bergerak dibidang videografi,” ungkapnya.

Atas prestasi yang diterima di BSD Green Office Park 9, Tangerang pada 11 Oktober lalu itu, begitu diapresiasi Kepala SMK Kartini, Mujiono. “Kami akan selalu mendukung kreatifitas anak (siswa) dengan catatan aktivitas akademik tidak terabaikan. Sekali lagi, selamat kepada tim yang sudah mengharumkan nama sekolah,” tutur Mujiono. (nji)

Update