Kamis, 25 April 2024

Pemasangan Tapping Box Lebihi Target, BP2RD Optimis Pendapatan Meningkat

Berita Terkait

contoh tapping box.
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Pemasangan Tapping Box (perekam data) untuk transaksi pajak daerah di Batam mencapai 235 alat hingga Kamis (18/10). Capaian ini melebihi target minimal bulan ini sebanyak 200 unit.

Kepala Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah menyebutkan, pemasangan akan terus bertambaha seiring kinerja tim di lapangan.

“Oktober, target maksimal kami sebanyak 250 unit. Kami optimis akan tercapai,” terangnya.

Bahkan, bukan tidak mungkin target maksimal akan tercapai. Karena setiap hari ada saja wajib pajak yang secara terbuka menerima pemasangan alat tersebut.

Akhir tahun 2018 pemasangan ditargetkan sebanyak 500 alat. Tidak lain, pemasangan alat ini untuk mengoptimalisasi pendapatan daerah.

“Sehari rata-rata kami pasang sembilan alat,” kata dia.

Terkait sumbangsih ke pendapatan, ia menilai akan ketahuan paling cepat November mendatang. Namun ia memastikan, tapping box menjamin akan mencegah kebocoran pendapatan. Apalagi, sistem tersebut dapat dipantau langsung.

“Tentu akan lebih baik,” imbuh dia.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan dengan pemasangan ini, Pemko Batam menargetkan pendapatan semaksimal mungkin. Namun yang penting menurutnya adalah sistem tersebut dapat menekan potensi lost (kehilangan).

“Dengan ini, satu rupiahpun tidak hilang, (pajak) ini juga hak daerah, dengan inilah kita bisa bangun daerah ini,” terangnya.

Rudi menambahkan, pihaknya juga akan membentuk tim yang terdiri dari BP2RD dan Inspektorat. Mereka bertugas untuk mengawasi dan memonitor WP yang belum menggunakan tapping box.

“Kesadaran membayar pajak sangat penting bagi kita semua,” katanya. (iza)

Update