Kamis, 25 April 2024

Prakiraan, Ombak Tingga di Laut Natuna

Berita Terkait

ilustrasi

x.batampos.co.id – Stasiun Meteorologi Ranai mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, dan diimbau agar masyarakat lebih waspada melakukan aktivitas di laut. Saat ini gelombang laut Natuna Utara mencapai 2,5 meter.

Perakirawan Stasiun Meteorologi Ranai Asrul Saparudin mengatakan, berdasarkan data citra satelit menunjukkan wilayah Kepulauan Natuna terdapat awan konvektif yang cukup signifikan.

Kondisi saat ini, cuaca berawan berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang serta dapat disertai petir dan angin kencang.

“Potensi cuaca buruk dapat terjadi di Pulau Subi, Serasan, Midai dan sebagian Pulau Bunguran terutama bagian Selatan. Selalu waspada akan perubahan cuaca yang akan terjadi,” kata Asrul, Kamis (18/10).

Berdasarkan himpunan data BMKG kata Asrul, terdapat tekanan rendah di Laut Andaman, Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik Timur Filipina yang mempengaruhi pada kecepatan angin yang berdampak hingga peningkatan gelombang di laut Natuna.

Tinggi gelombang diperkirakan sekitar 1,25 meter hingg 2,5 meter.

Saat ini prakiraan angin dominan secara umum yang memasuki wilayah Kepulauan Natuna masih di dominasi dari Selatan hingga Barat Laut, dengan kecepatan angin 10 Knot. Terdapat pertemuan angin pada Wilayah Natuna menyebabkan pertumbuhan awan menjadi lebih intens.

“Kami berharap masyarakat, terutama nelayan tetap waspada perubahan cuaca, dan akan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran,” ujarnya.

(arn)

Update