Jumat, 29 Maret 2024

Aturan Drop Off belum Berlaku untuk Parkir di Depan Ruko

Berita Terkait

ilustrasi
foto: batampos.co.id / cecep mulyana

batampos.co.id – Parkir liar masih menjamur di lokasi keramain lainnya seperti depan Ruko, Bank dan juga Klinik Kesehatan.

Dalam satu kawasan bisa ada tiga sampai lima petugas parkir.

Aturan drop off tidak berlaku bagi petugas parkir di luar kawasan pusat peberlanjaan sehingga warga kerap terjebak dan harus membayar double bayar parkir sekalipun di lokasi yang sama.

“Meresahkan memang karena bergerak dari satu ruko ke ruko lain harus bayar lagi. Sudah gitu tak ada karcis (parkir) lagi,” ujar Sutini, warga Genta I, Batuaji.

Harapan itu muncul seiring dengan munculanya aturan drop off.

Aturan drop off telah meluas ke Batu Aji. Meski mulanya warga sempat heran.

Sebagian warga di Batuaji malah mengira jika bebas biaya pakir bagi kendaraan yang masuk mal dibawa 15 menit merupakan kebijakan khusus dari manajemen mal untuk menarik minat pengunjung.

Pengunjung mal Aviari misalkan, umumnya mengira jika pengelolah mal sedang membebaskan biaya parkir sepanjang hari, kemarin (Jumat, 19/10). Mereka yang datang belanja kebutuhan dapur ataupun sekedar ke mesin ATM yang tidak memakan waktu lama, merasa aneh sebab tidak dikenai biaya parkir.

“Biasanya mau lama atau bentar (parkir) harus bayar tapi tadi gratis. Saya pikir kebijakan manejemen mall tapi setelah dikasitahu petugas di gerbang itu baru saya tahu (ada aturan drop off),” ujar Nina, warga Puskopkar, Batuaji.

Pengunjung juga mengaku tidak tahu persis sejak kapan kebijakan drop off ini berlaku, namun mereka menyambut baik penerapan aturan drop off tersebut.

“Kalau di Batuaji ini ke aviari itu seperti rutinitas kami kaum ibu-ibu karena ada pasar basah. Hampir setiap hari belanja di sini jadi baguslah kalau hanya datang bentar bebas biaya parkir,” tutur Hartati, warga lainnya.

Pantauan di wilayah Batuaji aturan drop off ini baru berlaku di mal Aviari sebab mal-mal lain di sana umumnya tidak membebani pengunjung dengan biaya parkir.

(eja)

Update